×


Berita



Wakil Bupati Subang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

  Rabu, 05 Mei 2021
  annisa
  323 Dilihat

Bertempat di Mapolres Subang, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Rabu (05/05/2021).

Apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 H tahun 2021, baik pada aspek personel maupun saran prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra Kamtibmas dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Subang membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021.

Diantaranya mangatakan bahwa menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H tren kasus covid 19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan oleh karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur idul fitri pada tahun lalu.

Maka dari itu perlu adanya pengawasan ketat terhadap protokol kesehatan didaerah tujuan mudik, sentra perekonomian dan keramaian dengan mendirikan posko terpadu, melakukan koordinasi dengan satgas Covid-19, dan patroli gabungan secara periodik, serta memberlakukan one gate system serta meningkatkan dukungan terhadap program vaksinasi massal.

Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Operasi Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan. Prioritaskan langkah-langkah pre-emtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan.

"Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19" ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, jumlah personel yang terlibat sebanyak 155.005 personil gabungan terdiri atas 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya seperti satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, pramuka, Jasa Raharja, dll.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 381 pos penyekatan untuk mengantisipasi masyarakat yang masih berniat dan akan melaksanakan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, serta 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dll.

Harapan, dengan capaian tersebut dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Polri untuk lebih mempersiapkan diri serta memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2021 ini.

Peserta apel meliputi segenap jajaran TNI, POLRI, SATPOL PP, DAMKAR, DISHUB, BPBD, SENKOM, dan turut dihadiri oleh Kapolres, jajaran Forkopimda Kabupaten Subang, Kepala Kemenag, Kepala OPD. Wakil Bupati Subang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021. (Diskominfo)

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang © 2020.