×


Berita



Wakil Bupati Subang Menerima Kunjungan Tim Satgas Covid-19 Pusat Terkait Pendampingan dan Penguatan Satgas Covid di Daerah

  Senin, 10 Mei 2021
  annisa
  326 Dilihat

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Subang, H. Hidayat menerima kunjungan Tim Satgas Covid-19 Pusat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Senin (10/05/2021) di Aula Kantor BPBD Subang.

Polri Tim Satgas Pusat, Kombes Yusron Cahyo, mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan pendampingan dalam hal pembentukan dan penguatan posko di daerah-daerah dalam rangka menekan laju penularan Covid-19 serta menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat terkait pemberlakuan larangan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, BNPB telah mengutus tim ke 280 Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali, yang terdiri dari anggota TNI dan Polri dan Konsultan dengan maksud untuk melihat sejauh mana kinerja posko yang ada di daerah-daerah juga terkait kesiapan pemberlakuan larangan mudik sekaligus mengurangi mobilisasi masa.

Wakil Bupati Subang mewakili Pemerintah Kabupaten Subang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim pakar Satgas Covid-19 untuk melakukan pendampingan dan penguatan Satgas Covid-19 di tingkat Kabupaten.

Menurut Wakil Bupati Subang beberapa langkah dan strategi sudah disiapkan dalam upaya menekan laju penularan Covid-19. Pemerintah juga telah berkolaborasi dengan beberapa unsur termasuk didalamnya TNI dan Polri serta aparat desa.

"Kami berharap hasil kajian dari tim pakar Satgas Covid-19, menjadi panduan bagi kami di daerah dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kami sebagai Satgas Covid-19".

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi dalam laporannya menyampaikan bahwa hingga per tanggal 9 Mei 2021, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5.377.

Untuk itu dalam penanganan pandemi Covid-19 pihaknya bersama Forkopimda dan Stakeholder terkait telah mengambil langkah-langkah antisipasi terkait dengan kenaikan kasus Covid-19.

Adapun upaya tersebut meliputi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pembuatan posko pada cluster penyebaran Covid-19. Pembagian masker kepada masyarakat, melaksanakan monitoring dan pembinaan di desa, serta penguatan peran RT/RW dalam tracing, tracking dan treatment. (Diskominfo)