×


Berita



Sekda Subang Menghadiri Kegiatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021

  Senin, 03 Mei 2021
  annisa
  123 Dilihat

Sekertaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni menghadiri kegiatan Hari Pendidikan Nasional 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Senin (03/05/2021) di Aula Pemda Subang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tatang Komara S.Pd., M.Si. menyampaikan tujuan peringatan Hari Nasional yang diperingati setiap 2 Mei tidak semata-mata hanya dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai bapak perintis pendidikan nasional. Akan tetapi lebih merupakan sebuah momentum bagi seluruh rakyat Indonesia Untuk kembali menumbuhkan rasa nasionalis dan patriotis pada pendidikan di Indonesia.

Sementara itu Kepala Disdikbud mengatakan aktifitas guru di masa pandemi mempunyai tantangan tersendiri. Guru tetap menjadi penggerak dan pembina yang luar biasa untuk program pembelajaran jarak jauh. Peran guru di saat pandemi dituntut melaksanakan peran tambahan seperti tercapainya tujuan pendidikan dan pemenuhan target akademis dan non akademis. Serta mempersiapkan materi dan hasil evaluasi pembelajaran.

Kepala Disdikbud mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah bekerja keras dalam meraih nilai kinerja. Yang mana pada tahun 2020 memperoleh nilai indikator kinerja utama (IKU) 71,48 dengan katagori BB.

Dalam sambutannya Kang Asep sapaan Sekda Kabupaten Subang mengatakan permohonan maaf Bupati Subang yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut.

Kang Asep turut mengapresiasi kepada Disdikbud atas capaian nilai indikator kinerja utama yang telah meningkat.

Kang Asep dalam menyampaikan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengatakan hari ini, kedua kalinya kita memperingati dan merayakan Hari Pendidikan Nasional di tengah suasana pandemi Covid-19. Masa-masa ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta kita semua yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia

Lanjut Kang Asep, ada empat upaya yang tengah dilakukannya untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

"Pertama perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen," ujar Kang Asep.

Kang Asep mengatakan seluruh upaya tersebut dirangkum dalam program Merdeka Belajar yang kini sudah mencapai episode kesepuluh dan terobosan-terobosan lain yang masih terus berjalan.

"Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan," ucapnya.

Menurut Kang Asep, pandemi Covid-19 memang menghantam dunia pendidikan Indonesia, namun dia meminta semua insan pendidikan untuk tidak boleh pesimistis sebab akan ada hal bermakna yang didapat dari sebuah krisis.

"Krisis adalah kesempatan kita menuai kemajuan, saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap. Saya sangat bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju," tuturnya.

Adapun dalam kesempatan tersebut pemberian penghargaan kepada Kepala Sekolah, Guru, dan Murid berprestasi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asda III, Kepala BJB Subang, Para Kepala Sekolah, Para Guru, dan Para Siswa-siswi. (Diskominfo)