×


Berita



Pimpin Briefing Staf Dan Rakor Kang Jimat Bahas Strategi Vaksinasi Hingga Persiapan Pilkades

  Senin, 11 Oktober 2021
  annisa
  66 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat memimpin secara langsung briefing staff dan rapat koordinasi bersama jajaran forkopimda Subang dan seluruh Camat serta kepala perangkat daerah Subang di Aula Pendopo Abdul wahyan, Senin (11/10/2021). 

Briefing staff dan rapat koordinasi yang di moderatori oleh Asda 1 H. Rahmat Effendi tersebut membahas beberapa hal diantaranya tentang strategi percepatan vaksinasi di Kabuputen Subang, upaya pengadaan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) untuk lahan pemukiman penduduk Subang sesuai regulasi dan persiapan pilkades serentak di Kabupaten Subang.

Dalam laporannya Kadinkes Subang dr. Maxi memaparkan terkait persiapan akselerasi menuju level 2 berdasarkan indikasi jumlah vaksinasi yang telah dilaksanakan sesuai dengan inmendagri nomor 47 tahun 2021 yaitu dosis 1 sebesar 50% dan dosis 1 lansia sebesar 40%. Adapun sasaran vaksinasi kepada warga Subang yaitu sebanyak 1. 285.199 jiwa.

dr. Maxi menjelaskan bahwa cakupan vaksinasi dosis 1 saat ini baru diberikan kepada 452.771 warga atau sebesar 35,39% dan target kedepan akan dilaksanakan vaksinasi kepada 189.289 warga (14,7 %). Sedangkan untuk lansia cakupan vaksin dosis 1 baru diberikan kepada 16.974 lansia (12,07 %) dan akan ditargetkan ke depan kepada 39.301 lansia (27,94%).

Sementara itu menurut Sekda Subang H. Asep Nuroni menyampaikan bahwa vaksinasi merupakan misi kemanusiaan yang harus mendapatkan perhatian semua pihak dalam rangka menyelamatkan nyawa manusia. Dirinya berharap agar teknis dan nonteknis pelaksanaan vaksinasi harus diperhatikan demi kelancaran pelaksanaan dilapangan. Adapun terkait non teknis diantaranya pendataan dan pengolahan data, akurasi data dan koordinasi tentang antar jemput lansia serta berharap apa yang menjadi arahan Bupati bisa dijalankan dengan baik.

Dalam arahannya Kang Jimat mengatakan ditengah antusiasme warga untuk mengikuti vaksinasi salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah keterbatasan pasokan vaksin oleh karena itu dirinya telah melakukan koordinasi dengan pusat terkait dukungan pasokan vaksin untuk Kabupaten Subang dan direspon positif dengan didatangkannya pasokan vaksin minggu ini sebanyak 150 ribu dosis yang berasal dari Provinsi.

Untuk itu dirinya menegaskan Level PPKM Kabupaten Subang di minggu depan harus masuk kembali pada level 2 dengan syaratnya adalah cakupan Vaksin dosis 1 sebesar 50% dan dosis 1 Lansia sebesar 40%. "Bila seluruh vaksin tersebut di sebarkan, maka target cakupan vaksin menuju Level 2 tercapai" ujarnya. 

Ia menginstruksikan dalam mencapai target tersebut Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan harus bersinergi dengan seluruh jajaran Forkopimda, Para Camat, Kepala Desa, Masyarakat, Satgas Covid-19 dan seluruh pihak untuk bahu membahu melakukan akselerasi vaksinasi dosis 1.

Secara tegas dirinya meminta kepada seluruh OPD untuk mengerahkan kendaraan dan inventaris dinas untuk terjun membantu Camat dan Kades menjemput para manula ke lokasi vaksinasi serta menginstruksikan untuk menghabiskan seluruh vaksin dalam 1 minggu. "Segera Kepala Dinas merapat ke Sekda untuk koordinasi turun ke Kecamatan dan Desa mengangkut manula ke lokasi vaksinasi" ujarnya. 

Ia mengungkapkan selain target menuju level 2, tentunya percepatan vaksinasi ini dimaksudkan agar kekebalan tubuh masyarakat segera terbentuk dan terwujudnya masyarakat Subang yang sehat.

Terkait persiapan pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Subang Kang Jimat berpesan Kepada para Camat penyelenggara pilkades agar terus secara intensif melakukan pendampingan kepada para panitia pilkades agar bekerja sesuai regulasi, juklak juknis dan tidak membuat keputusan-keputusan yang menyalahi ketentuan yg ada. Selain itu dirinya berharap dukungan seluruh pihak untuk membantu kesuksesan penyelenggaraan pilkades serentak agar sukses aman terkendali. "Mohon dukungan jajaran TNI/Polri yakni Danramil dan Kapolsek agar bersama-sama menciptakan suasana kondusif, tertib, aman dan nyaman sehingga pelaksanaan Pilkades serentak ini berjalan lancar dan sukses" ujar Kang Jimat. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0605 Subang Letkol Czi Irsyad Wilyarto, Perwakilan Lanud Suryadarma dr. Sri, perwakilan Polres Subang oleh Kompol Samsul Bagja Bahtiar,  Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si, para Asisten Daerah, Kabag di lingkungan Setda, para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Subang serta para jajaran muspika se Kabupaten Subang secara virtual.