×


Berita



Penyerahan Sertifikat PTSL dan Launching Sinanasmadu, Bupati Subang Berpesan Agar Manfaatkan dengan Baik Sertifikat Tersebut

  Jumat, 25 November 2022
  Annisa
  86 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat hadir dalam acara penyerahan sertifikat PTSL dan launching Aplikasi Sinanasmadu yang bertempat di Kantor Desa Cisaat Kecamatan Ciater, Jumat (25/11).

PTSL adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap merupakan program dari BPN untuk pendaftaran pembuatan sertifikat tanah bagi masyarakat. Program tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau yang serentak dengan itu.

Sedangkan aplikasi Sinanasmadu yaitu Sistem Informasi Pertanahan Nasional yang Terintegritas, Mandiri dan Terpadu yang mana aplikasi tersebut dipergunakan untuk mengetahui informasi kepemilikan lahan.

Kepala Desa Cisaat Suryana dalam ucapan selamat datangnya mewakili masyarakat Desa Cisaat mengaku bahagia atas program dari BPN terkait pendataan kepemilikan lahan di Desa Cisaat di mana pada hari ini akan dibagikan 312 sertifikat.

"Alhamdulillah berkat bantuan dari BPN sampai saat ini pengukuran tersisa 12%. Dari 6 ribu lahan tinggal 200 lahan yang belum diukur," ujarnya.

Ia berharap mudah-mudahan semua sertifikat bisa selesai dibagikan sebelum tahun 2023.

Sementara itu, Kepala BPN Subang Andi Kandandio Alepuddin A.Ptnh, M.Si menyampaikan bahwa salah satu alasan terpilihnya Desa Cisaat yaitu sudah adanya internet di wilayah tersebut.

"Sekarang kita jadikan Desa Cisaat menjadi Desa Digital pertama di Subang, saya berterima kasih kepada kepala desa dan masyarakat Desa Cisaat," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut Desa Cisaat bukan hanya dikenal sebagai Desa Wisata namun juga sebagai Desa Tertib Administrasi Pertanahan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPN menyerahkan Alat Bantu Tab dan Mini RTK Limuntech kepada Bupati Subang.

Turut pula penyerahan sertifikat PTSL sebanyak 4000 sertifikat yang diserahkan oleh Bupati Subang kepada perwakilan masyarakat Desa Cisaat, Dilanjutkan dengan peresmian Bumdesnet Surya Fatih Desa Cisaat oleh Bupati Subang.

Dalam sambutannya, Bupati Subang H. Ruhimat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN Subang yang telah memberikan sertifikat kepada masyarakat Desa Cisaat.

Ia berpesan agar manfaatkan dan menjaga dengan baik sertifikat yang telah diberikan BPN Subang.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang belum mendaftarkan sertifikat agar segera mendaftar.

"Dengan mempunyai sertifikat memudahkan masyarakat untuk membuka usaha dan mendapatkan pinjaman di lembaga keuangan formal," tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Kementerian ATR/BPN RI, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dispemdes Subang, Muspika Kecamatan Ciater, jajaran BPN Subang serta tamu undangan lainnya.