×


Berita



Pemkab Subang Ikuti Penilaian Aksi Konvergensi Penurunan Stunting 2022

  Selasa, 05 Juli 2022
  Annisa
  119 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri Penilaian Kinerja Pelaksanaan Aksi Konvergensi Stunting Kabupaten Subang Tahun 2022 di Pendopo Abdul Wahyan, Selasa (5/7).

Stunting sendiri bukan hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat namun juga  berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal itu menyebabkan kemampuan mental dan intelektual  dibawah rata-rata. Sehingga upaya percepatan penurunan stunting harus dilaksanakan secara terpadu.

Senada dengan itu, Bupati Subang meminta seluruh sektor untuk terlibat baik itu pemerintah, akademisi, dunia usaha, lembaga masyarakat dan media.

"Alhamdulillah Kabupaten Subang pada 2020 dan 2021 mendapat predikat terbaik kedua se-Jawa Barat dalam penilaian 8 aksi konvergensi penurunan stunting," lanjut Bupati Subang.

Ia juga menyampaikan pihaknya akan terus berusaha untuk meningkatkan kinerja percepatan penurunan stunting di Kabupaten Subang sehingga target Jawa Barat yaitu zero news stunting dapat tercapai.

Selain itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memaparkan terkait  delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Subang seperti cakupan pelayanan intervensi spesifik dan sensitif tahun 2020-2021, 26 Desa Lokus di Kabupaten Subang tahun 2021, regulasi yang dikeluarkan, prevalensi balita stunting di Kabupaten Subang hingga review kinerja tahunan.

Adapun Prevalensi Balita Stunting 2021 di Kabupaten Subang sendiri menurut data e-PPGBM mencapai 2,06 persen, hal tersebut mendapat apresiasi dari tim penilai Provinsi Jawa Barat.

Adapula penayangan video bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terhadap penurunan stunting tahun 2024. 

Kegiatan juga dilanjutkan dengan tanggapan dari Tim Penilai Provinsi Jawa Barat terkait pemaparan delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Setda Subang, Kepala BP4D, Kepala Dinkes, Kepala DP3KBP3A, Ketua TP-PKK Kabupaten Subang, perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Subang serta tamu undangan lainnya.