×


Berita



Pemda Kabupaten Subang Adakan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H, Wabup Sampaikan Kolaborasi dan Toleransi Antar Umat

  Rabu, 03 Agustus 2022
  Annisa
  120 Dilihat

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mengadakan Tabligh Akbar dan Santunan Anak Yatim dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H bertempat di Masjid Agung Al Musabaqoh, Rabu (3/8).

Menurut laporan dari Ketua DKM Masjid Agung Al Musabaqoh Dadang Kurnianudin, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H dilaksanakan secara terbatas dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Acara ini dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline," lanjutnya

Ketua DKM juga menyampaikan usulannya terkait penataan ulang eksterior dan interior masjid sehingga mampu dimanfaatkan untuk kegiatan syiar islam secara maksimal.

Sebagai penutup, ia berharap dengan semangat satu Muharam, kolaborasi dan  toleransi mampu menjadikan Kabupaten Subang Jawara.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada 20 anak yatim dari Baznas Kabupaten Subang diserahkan oleh Wakil Bupati Subang didampingi unsur Forkopimda, Asda III, Ketua Baznas, Kemenag dan MUI Subang.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyampaikan terkait keistimewaan Bulan Muharram yang merupakan salah satu bulan dimana amal kebaikan akan dilipatgandakan begitupun sebaliknya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H.

Ia berharap Tahun Baru ini mampu menjadi titik awal kebangkitan ekonomi khususnya di Kabupaten Subang setelah beberapa tahun ke belakang terdapat pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan.

"Walaupun dengan melandainya kasus kemarin tetapi kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi terutama vaksin tiga karena capaian kita masih rendah," lanjutnya.

Sesuai dengan tema peringatan Tahun Baru Islam di Kabupaten Subang yaitu Jadikan Inovasi dan Kolaborasi Dalam Membangun Toleransi Menuju Subang Jawara, Wakil Bupati Subang juga menyampaikan terkait kolaborasi Pemda dengan Forkompinda untuk kesehatan masyarakat dan toleransi antar umat beragama serta berbagai perbedaan yang ada.

"Marilah kita bekerja sama dalam hal-hal yang kita sepakati dan kita saling toleransi pada hal-hal yang tidak kita sepakati," lanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah dari Al Mukarom KH. M Abdul Latif yang menyampaikan terkait keistimewaan Bulan Muharram dan tips menjadi manusia sukses yang disingkat dengan NIKAH.

Adapun kepanjangan dari NIKAH yaitu Niatkan semua urusan karena Allah SWT, Istiqomah, Kenali potensi kita, lingkungan dan pasangan, Amalkan Sunnah Rasulullah, Hindari makanan yang haram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Subang, para Kepala OPD, perwakilan Kemenag Subang, Kepala Baznas, Ketua MUI Kabupaten Subang, Pimpinan BUMN dan BUMD, para camat secara virtual dan tamu undangan lainnya