×


Berita



Melepas Pelaksana Tim Vaksinasi PMK, Bupati Subang Berharap Semoga Mencegah Penyebaran Virus PMK

  Kamis, 30 Juni 2022
  Annisa
  116 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat melepas pelaksana tim Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Subang di Dusun Barusinduk Desa Sumurbarang Kecamatan Cibogo, Kamis (30/6).

Dalam laporan Ketua Panitia, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bambang Suhendar menyampaikan awal terdeteksi kasus PMK di Kabupaten Subang terjadi pada tanggal 20 Mei tepatnya di Jalancagak.

Ia juga melaporkan jumlah total kasus PMK di Kabupaten Subang sebanyak 804 ekor terdiri dari sapi potong 682 ekor, sapi perah 81 ekor dan kerbau 41. Adapun yang telah sembuh 378 ekor, mati 9 ekor, potong paksa 35 ekor, masih dalam pemantauan 419 dan tersebar di 12 Kecamatan.

"Alhamdulillah pada tanggal 23 Juni kita menerima bantuan Vaksin dari pusat melalui Dinas Peternakan Provinsi sebanyak 5.500 dosis, dan diprioritaskan untuk sapi perah," ujarnya.

Ia berharap vaksin tahap pertama agar cepat selesai sebelum hari Idhul Adha, supaya empat minggu kemudian bisa dilaksanakan vaksin tahap kedua.

"Minimal dimasak pada suhu 70° atu 80° selama 30 menit, intinya dimasak secara benar. Lebih bagus lagi dagingnya dilayukan antara 8 sampai 12 jam. Dibandingkan beli daging segar lebih aman daging yang layu," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Balai Veteriner Subang drh. Sodirun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Subang yang telah hadir dalam kegiatan ini, karena sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada peternak.

"Dengan kehadiran Bupati disini memberikan ketenangan bagi peternak, karena untuk menghindari panic selling atau panik untuk menjual murah, yang mana sebentar lagi panen raya bagi peternak," lanjutnya.

Untuk meminimalisir penyebaran penyakit ia juga mengatakan dengan cara mencampur air cuka 100 ml dengan 5 liter air atau larutkan sitrun 30 gr dengan 1 liter air bisa membasmi virus PMK, aman dan ramah lingkungan.

Ia menginformasikan bahwa penyebaran virus tersebut sangat cepat dan mudah sembuh, tetapi tidak menyebarkan kepada manusia (non zoonosis).

Pelepasan tim Vaksinasi PMK ditandai dengan pemakaian rompi oleh Bupati Subang kepada Petugas Vaksinasi PMK.

Turut pula Bupati Subang menyerahkan perlengkapan pemeliharaan hewan dan Vaksin PMK kepada petugas Vaksinasi PMK.

Dalam sambutannya Bupati Subang H. Ruhimat mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas 5500 dosis I yang diberikan untuk Kabupaten Subang dalam mengantisipasi wabah Penyakit Mulu dan Kuku pada hewan ruminansia seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba yang saat ini sedang melanda.

"Terima kasih juga kepada Balai Veteriner Subang, Disnakeswan, dan seluruh tim Vaksinasi PMK yang terlah mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. Ini langkah yang tepat, kita harus segera turun dan bergerak ke lapangan. Mengingat sebentar lagi akan merayakan Idul Adha," lanjutnya.

Ia berharap semoga vaksin tersebut dapat mencegah meluasnya penyebaran dan memutus mata rantai penularan virus PMK, sehingga masyarakat aman untuk mengkonsumsi daging.

Ia juga berpesan kepada seluruh peternak yang hewannya belum divaksin agar segera melapor, supaya hewan ternaknya bisa secepatnya divaksin.

Di akhir acara Bupati Subang meninjau pelaksanaan Vaksinasi PMK kepada hewan ternak warga sekitar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Subang, Dandim 0605 Subang, Sekretaris Daerah Subang, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadishub, camat dan muspika Kecamatan Cibogo, Kepala Desa Sumurbarang serta tamu undangan lainnya.