×


Berita



Lakukan Penanaman 5000 Bibit Pohon, Bupati Subang: Mari Kita Pedulikan Lingkungan

  Kamis, 19 Mei 2022
  Annisa
  138 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat melaksanakan penanaman pohon secara simbolis kolaborasi TJSL BUMN Industri Pertahanan atau Defend Id yaitu PT LEN Industri, PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT PINDAD di Talaga Sunda, Kamis (19/5).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program prioritas TJSL Kementerian BUMN yaitu pelestarian alam lingkungan hidup. Juga, sebagai bentuk dukungan kepada program Pemerintah Provinsi Jawa Barat Bidang Lingkungan Hidup yaitu gerakan tanam dan pelihara pohon serta program penanaman tiga juta pohon di Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

Bibit pohon yang ditanam sebanyak 5000 dan diserahkan secara simbolis oleh perwakilan PT Dahana kepada Ketua RW 018 Kelurahan Dangdeur serta mesin rumput kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Kepala Dinas Perhutanan Provinsi Jawa Barat Doni Gunawan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Defend id atas gerakan penanaman pohon yang dilakukan.

Ia juga meminta agar dilakukannya kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengajak anak-anak ikut serta dalam penanaman pohon sehingga akan terciptanya semangat dalam melestarikan lingkungan.

Sementara itu, Bupati Subang H. Ruhimat menyampaikan apresiasinya kepada Defend id atas dukungan penghijauan di Kabupaten Subang, ia berharap kegiatan tersebut dapat dicontoh oleh pihak lainnya karena ini merupakan salah satu langkah yang sangat baik dan harus diperluas di seluruh lahan kritis.

Bupati Subang juga mengajak seluruh pihak untuk ikut serta dalam gerakan penanaman pohon dan peduli lingkungan.

"Saya mengimbau kepada seluruh pihak khususnya rakyat Subang, yuk kita pedulikan lingkungan dan yuk kita tingkatkan untuk gerakan penanaman pohon," ajaknya.

Adapun fokus penanaman pohon di Kabupaten Subang, ia melanjutkan di daerah lahan kritis seperti daerah bekas galian untuk menormalisasikan kembali. Selain itu bibit yang ditanam yaitu melinjo, jengkol hingga mahoni.

Selain itu, adapula penyerahan penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan Adiwiyata tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Subang dan penggiat lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Unsur Forkopimda, kepala BP4D, Kalak BPBD, Kepala DP2KBP3A, jajaran perusahaan BUMN serta tamu undangan lainnya.