×


Berita



KTH Bina Tani Kreatif Kelurahan Dangdeur Menggelar Pasar Pasisian Leuweung Talaga Sunda

  Minggu, 02 Oktober 2022
  Annisa
  345 Dilihat

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Tani Kreatif Kelurahan Dangdeur menyelenggarakan kegiatan Pasar Pasisian Leuweung Talaga Sunda, di Desa Cibogo Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang, pada Minggu (2/10).
 
Ketua KTH Bina Tani Kreatif Teddy Koswara menjelaskan bahwa Pasar Pasisian Leuweung merupakan konsep dasar untuk memasarkan produk-produk hasil hutan dalam rangka mendukung program Petani Milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
Dirinya juga menambahkan, event ini sebagai wadah bagi para petani yang tergabung dalam kelompok tani hutan dan petani milenial untuk mengembangkan akses penjualan produk hasil hutan, disamping itu juga dapat memangkas rantai distribusi produk petani hingga ke tangan konsumen sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. 
 
"Pada akhirnya event ini dapat menciptakan simbiosis mutualisme antara petani dan juga konsumen," ujarnya.
 
Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian menjelaskan, bahwa dengan adanya event ini juga sekaligus sebagai sarana dalam mengedukasi masyarakat agar mereka bisa memproduksi hasil hutan dengan memanfaatkan area hutan sebaik-baiknya.
 
Dirinya berharap dengan adanya pasar pasisian leuweung, petani bisa langsung menjual produknya ke masyarakat sehingga keuntungannya langsung terakses ke para petani.
 
"Mudah-mudahan ini bisa menjadi event yang berkelanjutan serta bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh para petani dan pengunjung," ujarnya.
 
Acara pun dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di wilayah sekitar hutan Talaga Sunda oleh Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat beserta jajaran.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang, para Petani Milenial, Kelompok Tani Hutan, Komunitas Lindungi Hutan, Perwakilan Universitas Singaperbangsa Karawang, serta perwakilan Bank BJB dan BRI.