×


Berita



Kang Jimat Panen Perdana Tembakau di Tanjungsiang

  Kamis, 18 Juni 2020
  andri
  251 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat, Kamis (18/6/ 2020), melaksanakan kegiatan panen perdana demplot uji lokasi tembakau, Di Dusun  Pasir malang Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang.

Bupati Subang meninjau lokasi panen tembakau dengan mengendarai kendaraan roda dua yang lokasinya berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi acara.

Di lokasi panen, Kang jimat didampingi oleh Kapolsek, Danramil, Ketua DPC Asosiasi Petani Tembakau Indonesia,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Subang, dan masyarakat melakukan panen dengan cara pemetikan beberapa helai daun tembakau.

Bupati Subang Kang Jimat mengungkapkan rasa bahagia atas kegiatan panen perdana tembakau di Dusun Pasir Malang, walaupun dilaksanakan dalam kondisi pandemik COVID-19.

Menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru, Kang Jimat mengajak kepada para kelompok tani tembakau agar terus mengembangkan ilmunya dalam rangka meningkatkan produksi pertanian. Terutama tembakau yang saat ini memiliki prospek yang baik dan dapat menguntungkan untuk para pengelola atau pembudidaya.

Kang Jimat berpesan kepada perangkat daerah yang membidangi perkebunan untuk mengembangkan komoditi tembakau agar dapat bersaing dengan daerah lain di Jawa Barat maupun Indonesia. Selanjutnya diharapkan ada fasilitasi lingkungan industri tembakau dimana hasil tembakau selanjutnya dapat diolah dan dikemas sendiri.

Kang Jimat menyampaikan tembakau bukan hanya untuk dijadikan rokok namun dengan kerja sama berbagai pihak bisa dibuat produk-produk turunannya seperti insektisid, fungisida, herbisida dan obat-obatan lainnya.

Kang Jimat menginstruksikan untuk melakukan pengembangan tembakau rakyat di Kabupaten Subang dengan semangat gotong-royong dan semangat jawara.

Kang Jimat berharap para PPL dan pengurus asosiasi petani tembakau Indonesia bersinergi serta melakukan kerja sama dengan berbagai pihak agar pengembangan tembakau  dapat sukses.  Selain itu kang  jimat menyampaikan agar kegiatan ini dapat pula dilaksanakan di kecamatan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat memberikan benih tembakau untuk uji multi lokasi tahap 2, kepada kelompok Tani Kiara 3, kelompok Tani kiara 2, kelompok Tani Lembah Barokah, Kelompok Tani Mekar Mandiri dan kelompok Tani Sugih Mukti.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula Benih Padi inparid 490 hektar untuk 20 kelompok tani dan benih padi Nutrizing 25 hektar untuk tiga kelompok.

Kegiatan panen perdana tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Kepala Dinas ketahanan pangan, Danramil tanjungsiang, Kapolsek Tanjung siang, Camat Tanjungsiang, DPC Asosiasi Petani Tembakau Indonesia, para kepala desa di Kecamatan Tanjungsiang, petani pembudidaya tembakau dan masyarakat. (Bagian Prokompim)