×


Berita



Kang Jimat Hadiri Rapat Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan dengan Kepala Perwakilan BPKP Jabar

  Jumat, 11 Juni 2021
  annisa
  164 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri rapat evaluasi perencanaan dan penganggaran pembangunan dengan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat di Ruang Rapat Bupati II, Jumat (11/06/2021).

 

Dalam sambutannya, Kang Jimat sapaan Bupati Subang mengucapkan terima kasih kepada BPKP Provinsi Jawa Barat, yang telah melaksanakan evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2021.

 

"Tentunya kami sangat berharap beberapa catatan penting hasil evaluasi segera ditindak lanjuti oleh perangkat daerah. Dan saya instruksikan BP4D, BKAD, dan IRDA sebagai liding sektor dalam mengkoordinasikan tindak lanjut tersebut, kemudian melaporkan perkembangannya kepada saya melalui TAPD" harap Kang Jimat.

 

Kang Jimat mengatakan evaluasi perencanaan dan penganggaran ini menjadi salah satu model yang bisa dilakukan pula oleh BP4D Kabupaten Subang dalam menyelenggarakan penilaian kinerja perencanaan perangkat daerah. Untuk menentukan kinerja perencanaan perangkat daerah tahun 2021, sehingga perangkat daerah tersebut berhak mendapatkan penghargaan berupa Angracana Raharja Award.

 

Kang Jimat menegaskan bahwa dalam menentukan kepala OPD akan menitik beratkan kepada pribadi yang Jujur dan bisa berkomunikasi aktif, sebab menurutnya keaktifan kepala OPD akan mempermudah koordinasi dan sinergitas dengan pemerintah pusat dan Instansi vertikal lainnya.

 

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana mengucapkan rasa terima kasihnya kepada OPD Sample dalam evaluasi Perencanaan dan Penganggaran kali ini yang merupakan wujud dari harapan Presiden kepada para pelaku pengawasan untuk melakukan pengawalan terkait Perencanaan dan Penganggaran.

 

Dalam paparanya Mulyana menjelaskan tujuan diadakannya evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2021 yaitu memastikan program, kegiatan, dan anggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, dan memastikan keselarasan perencanaan pemerintah daerah atas penyelenggaraan sektor-sektor strategis pembangunan.

 

Mulyana pun mengatakan bahwa hasil WTP yang diraih Kabupaten Subang untuk ke 3 kalinya ini agar bisa dirasakan pula oleh masyarakat terutama di bidang Pendidikan, Pemulihan Kesehatan, pemulihan ekonomi, Pariwisata dan Pengentasan Kemiskinan. Menurutnya dalam melakukan perencanaan dan penganggaran harus memahami kondisi dan situasi serta tindakan yang dilakukan. "Apabila salah dalam perencanaan maka sama saja merencanakan hal yang salah" ujarnya.

 

Hadir mendampingi Kang Jimat Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si, Kepala BP4D, Kepala BKAD, Inspektorat IRDA.