×


Berita



Kang Akur Membuka Gebyar Olahraga Tradisional Tingkat SD

  Kamis, 02 Desember 2021
  Annisa
  362 Dilihat

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi membuka Invitasi Gebyar Olahraga Tradisional antar Kecamatan se-Kabupaten Subang tingkat SD. Kamis, (2/12) di Lapang Bintang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang, Tatang Supriyatna, S.IP., M.I.Pol., dalam sambutannya mengatakan bahwa dasar dilaksanakannya kegiatan tersebut di antaranya berlandaskan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Olahraga, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 tahun 2007 tentang Pendanaan Olahraga.

Menurut Kadisparpora, event yang diadakan selama dua hari yakni pada 2-3 Desember tersebut pun diharapkan dapat mewujudkan kembali kebugaran anak didik khususnya jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang dalam suasana pandemi Covid-19.

Selain itu Kang Akur sapaan Wakil Bupati Subang mengatakan bahwa olahraga tradisional adalah warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Namun seiring perkembangan di era industri teknologi yang semakin pesat, sebagian anak-anak tak mengetahui olahraga tradisional tersebut dan tersamarkan oleh game melalui gadget padahal menurut Wakil Bupati Subang oltrad lebih bernilai manfaat.

“Oltrad diyakini banyak manfaat selain mengandung nilai fisik, di sisi lain oltrad mengajarkan kedisiplinan, kekompakan dan fair play atau kejujuran,” ujarnya.

Invitasi Oltrad tersebut, lanjutnya, bisa menjadi salah satu semangat semua pihak untuk terus melestarikan budaya dalam bidang olahraga.

Kang Akur pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam invitasi olahraga tradisional, termasuk Kadisparpora maupun lintas sektoral.

Secara simbolis, Kang Akur membuka event dengan memainkan olahraga sumpitan.

Terdapat lima olahraga tradisional yang dilombakan dalam invitasi gebyar olahraga tradisional yakni egrang, tarumpah panjang, sumpitan, dagongan, dan hadang.

“Semangat terus anak-anakku, tetap sehat ,bugar, gembira dan luar biasa,” tambahnya.

Ke depannya dirinya berharap lomba olahraga tradisional bisa dilaksanakan tak hanya untuk tingkat sekolah dasar namun juga bisa dibawa ke jenjang SMP, SMA, hingga umum.

Sebagai penutup, Kang Akur mendoakan pula agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan masyarakat Kabupaten Subang selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Di samping itu, hampir semua Kecamatan di Kabupaten Subang mengikuti invitasi olahraga tradisional yang diadakan oleh Disparpora.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadisdikbud Kabupaten Subang, Tatang Komara, S.Pd., M. Si beserta jajaran, wakil ketua TP-PKK Kabupaten Subang, Ketua Persatuan Olahraga Kebudayaan (POKDI) Subang, para Camat dan Sekmat, pelatih, guru serta peserta dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Subang.