×


Berita



Idul Fitri 1445 H, Pj. Bupati Kembali Ajak Bersinergi untuk Bangun Subang

  Rabu, 10 April 2024
  Annisa
  111 Dilihat

Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd melaksanakan shalat sunah Idul Fitri 1445 H / 2024 M tingkat Kabupaten Subang di Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang. Rabu (10/4/24).

Bertindak selaku Khotib pada shalat Idul Fitri 1445 H yaitu KH. Abdu Manaf, S.Ag., Imam Ust. Dedi Kuswandi, S.Q., M.Ag dan Muroqi/Bilal yaitu H. Dede Rohaedi, S.AN., M.Si.

Pada pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut disampaikan laporan capaian perolehan zakat, infaq dan shodaqoh dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Subang. Pada tahun 2024 capaian zakat sebesar Rp. 46.452.000.000, dan untuk zakat mal/profesi ASN, TNI dan perorangan sebesar Rp. 567.799.612 dan untuk infaq dan shodaqoh mencapai Rp. 1.746.701.447. dengan total keseluruhan mencapai Rp. 48.766.501.059.

Perolehan zakat, infaq dan shodaqoh ada kenaikan perolehan pada periode yang sama dari tahun 2023 sebesar 10%. Hasil pengumpulan zakat fitrah dari masyarakat didayagunakan 100% di masing-masing RT/RW/desa/kelurahan.

Sementara itu, PJ Bupati Subang Dr. Drs. Imran dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari raya Idul Fitri menjadi momentum penting dan bahagia bagi seluruh umat muslim.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa Selama sebulan menjalankan puasa, setiap muslim mengharapkan hikmah dan keberkahan. Dengan puasa ramadhan diharapkan seorang muslim mampu menjadi insan sabar dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Dengan menyelesaikan puasa di bulan Ramadhan ini, ibadah kita semakin banyak dan inten dalam  pengabdian kita kepada Allah SWT," Ujarnya.

Terkait capaian zakat, infaq dan shodaqoh oleh BAZNAS Kabupaten Subang, ia menyampaikan bahwa capaian yang besar tersebut telah diserahkan kepada umat muslim Subang yang benar-benar benar membutuhkan.

"Sesuai dengan catatan independen nasional bahwa BAZNAS merupakan bank terbesar di dunia dan kedepannya BAZNAS menjadi bank umat Islam dalam beramal di jalan Allah," Ujarnya.

Ia menghimbau kepada jamaah untuk dapat melaksanakan zakat, infaq dan shodaqoh melalui Baznas, sebagai sarana untuk bisa saling tolong menolong umat yang tidak mampu maupun untuk membantu korban bencana. 

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa Idul Fitri tahun 1445 H bertepatan dengan hari ulang tahun ke 76 Kabupaten Subang tahun 2024. Dirinya berharap momentum tersebut mampu menjadi suatu semangat untuk dapat saling bersinergi antar lini dalam membangun Subang.

Ia juga menjelaskan dengan momentum puasa dan idul Fitri, semua pihak akan mampu mempererat tali persaudaraan, toleransi, bahu membahu, bangun solidaritas untuk membangun Subang bersama-sama. 

Selanjutnya, ia menjelaskan sesuai dengan tema ke-76 Kabupaten Subang, yaitu "Subang ngahiji" yang memiliki filosofi melambangkan semangat gotong royong, kebersamaan, kolaborasi dan sinergi membangun Subang bersama-sama sehingga kita bisa membangun Subang dengan baik dan mensejahterakan masyarakat Subang.

"Hilangkan perbedaan, cari persamaan dan bukan mencari kesalahan bahkan mengungkit kekurangan. Momen puasa dan idul Fitri ini kita saling mengoreksi bagaimana caranya kita bahu membahu membangun sinergi dan solidaritas membangun Subang," Tegasnya.

Ia juga bangga dengan terus terjaganya solidaritas dan sinergi sehingga pada tanggal 14 Februari 2024 bisa menjalankan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Terakhir, ia menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri satu Syawal 1445 H, mohon maaf lahir dan batin dengan harapan semoga kembali suci dan fitrah serta dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni, staf ahli Bupati, para Asda, para kepala OPD, pimpinan BUMN/D, tokoh agama dan para jamaah shalat sunah Idul Fitri.