×


Berita



Hadiri Peluncuran Program Balai Ternak Baznas Kabupaten Subang, Pj. Bupati: Kepercayaan dari Baznas RI harus Dimanfaatkan Sebaik Mungkin

  Kamis, 13 Juni 2024
  Annisa
  246 Dilihat

Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.cd menghadiri Peluncuran Program  Balai Ternak Baznas Kabupaten Subang yang bertempat di desa Belendung-Cibogo, Subang. Kamis, (13/06).

Momentum Idul Adha menjadi titik balik pengiatan baznas Subang Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat dengan menghadirkan Balai Ternak Baznas Kabupaten Subang.

Mengawali sambutannya, Ketua Baznas Kabupaten Subang, Dr. KH. Musyfiq Amrullah, Lc, M.Si mengungkapkan bahwa  dengan Peluncuran Program  Balai Ternak diharapkan baznas Subang mampu naik level dalam hal perwujudan visi dan lebih sejajar dengan Bazna-Baznas yang lain.

Ia menjelaskan lebih lanjut, bahwa tahun pertama balai ternak ini dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dari program pemberdayaan Baznas RI yang harus terus menerus dikawal pengelolaannya.

"Program balai ternak ini merupakan program pemeberdaian penternak Mustahik, yang masih membutuhkan bantuan berbagai macam hal," Ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa program ini menuntut agar pengelola dan memasarkan dengan baik agar tercipta balai yang ideal sebagaimana yg diharapkan.

"Mudah mudahan program ini berjalan lancar dan mampu bagaimana mensejahterakan peternak," Harapnya.

Dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua II Bidang Perindustrian dan Pendayagunaan Baznas Jawa Barat, Dr. H. Ali Kosim M.Ag diawal paparannya berharap balai ternak menjadi program yang dapat mensejahterakan masyarakat dan peternak serta menjadi program unggulan di kab. Subang.

Ia menambahkan bahwa penempatan balai ternak Baznas RI di Subang bukan tanpa sebab yang jelas, melainkan dari hasil pertimbangan yang matang.

"Kami yakin pemilihan tempat balai ternak di Subang, itu tentu bukan dasar like or dislike,  atas dasar kajian," Pungkasnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Subang, Dr. Imran mengungkapkan wujud dari program pemberdayaan Baznas RI melahirkan kegiatan yang mampu menghadirkan kesejahteraan yang selaras dengan visi Baznas.

Menyambung sambutannya, dirinya juga mengungkapkan bahwa apresiasi yang tinggi kepada Pimpinan Baznas RI yang telah memilih Subang menjadi salah satu Balai Ternak di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa badan yang akan dikelola oleh BAZNAS RI Justru kegiatan-kegiatan pemberdayaan itu hal yang harus kita kedepankan dibandingkan hanya sifatnya charity kepada masyarakat. 

"Tentunya saya sangat apresiasi atas kedatangannya, atas bantuannya kepada Baznas Kabupaten Subang," Ujarnya.

Kemudian, ia menuturkan dengan tegas bahwa program ini menguatkan para peternak dan memberi peluang dari peternak Mustahik menjadi peternak Muzaki.

"Titipan dari seluruh Muzakki Kabupaten Subang yang dititipkan kepada bapak-bapak para peternak untuk diupayakan sehingga kedepannya itu akan kembali ya kita, yang akan memberi bukan lagi yang menerima," Ungkapnya.

Lalu, ia pun menyampaikan bahwa tujuan adanya Balai Ternak di kabupaten Subang adalah menciptakan ekosistem saling membantu kepada masyarakat luas.

"Jadi sekarang ini dari baznas membantu, nanti itu bapak-bapak yang kita harapkan itu yang membantu itu masyarakat lain gitu saya yakin itu bisa itu kita lakukan secara bersama-sama," Lanjutnya.

Terakhir, ia berharap kepercayaan dari Baznas RI harus dimanfaatkan sebaiknya oleh Baznas Kabupaten Subang dan Para peternak.

"Saya berharap dengan kepercayaan yang diberikan itu juga akan memompa semangat bapak bapak sekalian untuk berupaya mengembangkan, usaha peternakan ini menjadi lebih baik, lebih berkembang, kemudian lebih maju," Tutupnya.

Simbolis peluncuran program balai ternak baznas 'Budak Angon Sahate' dan dilanjutkan dengaan secara Penyerahan simbolis bantuan mork up dan domba kepada perwakilan kelompok balai ternak baznas 'Budak Angon Sahate' dan Diakhiri dengan Peninjauan kandang balai ternak Baznas 'Budak Angon Sahate'.

Turut mendampingi Pimpinan baznas RI SDM, Keuangan dan Hukum, Wakil Ketua II Bidang Perindustrian dan Pendayagunaan  Jawa Barat, Ketua BAZNAS Subang dan jajaran, Para Asda dan Kepala OPD yang hadir,  Ketua MUI Kab. Subang, Camat dan Unsur Musfika kec. Cibogo, Kepala desa Belendung, Para tokoh agama, tokoh masyarakat, seluruh Para Peternak dan Insan pers.