×


Berita



Gelar Pangan Murah Terbuka Untuk Umum Di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Subang Dilangsungkan 2 Hari

  Rabu, 01 Desember 2021
  Annisa
  156 Dilihat

Dalam rangka menjamin stabilitas dan pasokan harga pangan di Kabupaten Subang, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang menggelar Gelar Pangan Rumah yang dilangsungkan selama dua hari di halaman kantor setempat mulai dari 1-2 Desember 2021.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, Dr. Hendrawan, SP., MM, latar belakang diadakannya giat tersebut selain untuk menstabilkan harga pangan di pasaran namun juga untuk menguji ketersediaan pangan di masyarakat atau perusahaan.

Minyak curah yang resmi diganti menjadi minyak kemasan pada tahun 2022 pun dipantau oleh pihaknya agar tidak terjadi lonjakan harga.

Terkait ketersediaan pangan dalam satu tahun, Dr. Hendrawan, SP., MM mengatakan bahwa terdapat 1,4 juta ton yang dikonsumsi oleh 2,5 juta penduduk di Kabupaten Subang.

"Hanya sisa 300.000 ton masih ada surplus dan terhitung aman," tambahnya.

Ia pun mengukur pangan agar tidak terjadi kelangkaan sehingga harga di pasaran tak melonjak sekaligus mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menanam tanaman sebagai salah satu solusi agar kelangkaan pangan dapat dihindari. Seperti menanam tanaman musiman maupun tahunan di lahan kosong.

"Jangan sampai kita mewariskan air mata tapi kita harus mewariskan mata air," pungkasnya.

Para peserta dalam bazaar yang menjual produk pangan di antaranya adalah DKUPP, Aneka Sayuran P2L dari kelompok tani, Kantin DKP, Dinas Perikanan Kabupaten Subang, Dinas Peternakan, ThreeDiTU Pusat Oleh-oleh UMKM Kabupaten Subang, Kelompok Pekarangan Pangan Lestari Dinas Ketahanan Pangan, insan pers, serta undangan lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta jajaran, masing-masing perwakilan dari TP-PKK Kabupaten Subang, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas PUPR, Bulog, dan Bank BJB.