×


Berita



Gelar Pangan Murah Hari Pertama, Kadis Ketahanan Pangan: Untuk Menjamin Stabilitas Dan Pasokan

  Rabu, 01 Desember 2021
  Annisa
  170 Dilihat

Gelar Pangan Murah untuk masyarakat umum Kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang berlangsung selama dua hari yakni pada 1-2 Desember 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dr. Hendrawan, SP., MM.

Dalam sambutannya pada Rabu, (1/12) ia mengatakan bahwa tujuan bazaar tersebut diadakan menuju stabilitas pasokan dan harga pangan pada tahun 2022.

"Tujuannya untuk menjamin stabilitas dan pasokan harga minyak goreng curah yang pada tahun 2022 mendatang tidak akan ada lagi, semuanya akan beralih ke minyak kemasan," ujarnya.

Ia berharap, bazaar tersebut bisa menstabilkan harga sembako agar ke depannya tidak terlalu memberatkan masyarakat. Bazaar juga diadakan sebagai hasil kerja sama antara Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Subang dengan DKP Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan berterima kasih pula karena kolaborasi tersebut begitu memotivasi, memberikan saran hingga mendukung dalam sisi anggaran sehingga bazaar terlaksana.

Gelar Pangan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang itu kedepannya akan diselenggarakan lebih berkelanjutan berdasarkan keterangan Dr. Hendrawan, SP., MM. Sehingga bisa lebih mendekatkan akses kepada masyarakat tujuannya demi melayani serta mengurangi beban masyarakat akibat adanya lonjakan harga pangan yang akhir-akhir ini terjadi.

Pada kesempatan tersebut Dr. H. Hendrawan SP.,MM, menyerahkan bantuan untuk kaum dhuafa dari BRI, BJB, Bulog dan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).

Selain itu, pembeli yang hadir yakni Lina dan Nina antusias menghadiri bazaar pangan murah terutama saat membeli sayuran juga minyak goreng.

"Murah harganya, terutama minyak goreng sehingga berharap banget tahun depan harganya tidak melonjak. Bazaar ini membantu banget menyediakan sembako yang murah," ujar Lina.

Sedangkan menurut Eko, pembeli lain yang juga bekerja sebagai pedagang mengatakan sembako maupun sayuran yang dijual dalam bazaar memiliki keunggulan dari sisi kualitas.

"Lebih bagus dari tampilan, harganya mirip di pasar tapi kualitasnya jauh," ujarnya.

Para peserta dalam bazaar yang menjual produk pangan di antaranya adalah DKUPP, Aneka Sayuran P2L dari kelompok tani, Kantin DKP, Dinas Perikanan Kabupaten Subang, Dinas Peternakan, ThreeDiTU Pusat Oleh-oleh UMKM Kabupaten Subang, Kelompok Pekarangan Pangan Lestari Dinas Ketahanan Pangan. insan pers, serta Undangan lainnya.

Produk yang ditawarkan yaitu beras segar Rp45.000, daging sapi Rp95.000, daging ayam Rp29.000, telur ayam Rp22.000, minyak goreng Rp18.000/1 liter dan Rp37.000/2 liter, juga adapula bawang merah seharga Rp19.000. Selain itu terdapat bawang putih, cabe rawit merah maupun keriting hingga gula pasir bagi para pembeli bazaar.

Hadir dalam bazaar hari pertama tersebut yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta jajaran, masing-masing perwakilan dari TP-PKK Kabupaten Subang, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas PUPR, Bulog, dan Bank BJB.