×


Berita



Dukung Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Wakil Bupati Subang Hadiri Festival UMKM Juara 2022

  Kamis, 22 September 2022
  Annisa
  148 Dilihat

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri Festival UMKM Juara 2022 Kabupaten Subang bertempat di Summer Cafe, Kamis (22/9).

Koordinator Daerah UMKM Juara Kabupaten Subang Wiaty Novita menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak dari pendampingan 162 UMKM yang tersebar di Kabupaten Subang.

Pendampingan telah dilakukan selama empat bulan mulai dari Juni-September 2022 melalui pelatihan, pameran produk, membuka akses permodalan hingga business matching.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk memperkenalkan UMKM Juara Kabupaten Subang dengan keunggulan produknya sehingga ia berharap UMKM Juara Kabupaten Subang mampu naik kelas dan bersaing.

Sekretaris DKUPP Kabupaten Subang Suwitro mengucapkan terima kasih atas program yang telah dilaksanakan tersebut kepada panitia penyelenggara, ia berharap sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder yang telah terjalin  terus dipertahankan dan ditingkatkan demi UMKM Kabupaten Subang naik level sesuai visi misi yaitu Jawara Niaga.

Selain itu, terdapat pemberian penghargaan kepada UMKM Juara Kabupaten Subang oleh Wakil Bupati Subang kepada tujuh kategori diantaranya produk makanan diraih oleh Tepung Talas ATB (Agro Tani Bersama), kategori minuman diraih Jelly Mas, kategori kuliner diraih oleh Cupumanik Cafe, kategori fashion diraih Zahara Hijab, kategori kriya/kerajinan diraih PG Binangkit dan kategori aksesoris diraih oleh HongHandwood.

Kasi Umum Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dikdik Wardiyana menyampaikan bahwa program UMKM Juara telah berdiri dari 2019 dan hingga saat ini pihaknya telah melakukan pendampingan sebanyak 12 ribu UMKM se-Jawa Barat.

"Alhamdulillah program UMKM Juara ini mengalami peningkatan dari 2019 dan dari tahun ke tahun kenaikan mikro ke kecil sebanyak 8 persen," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Perbankan dan pihak terkait atas dukungan dan kolaborasi yang telah terjalin untuk kelancaran kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Subang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terkait, terutama Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat, DKUPP Kabupaten Subang serta para pendamping UMKM Juara Kabupaten Subang atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pendorong UMKM di Kabupaten Subang untuk bisa naik kelas.

"Seperti yang kita ketahui bersama, pandemi Covid-19 yang melanda berdampak pada seluruh pihak termasuk UMKM dari sisi permodalannya," ujarnya.

Namun, ia melanjutkan bahwa terdapat hikmah dan dampak positif dari adanya pandemi Covid-19 salah satunya inovasi dan kreativitas pelaku usaha dalam  pemasaran online.

Sebagai penutup, ia berpesan kepada seluruh pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi menjadikan Subang lebih baik lagi terutama di bidang UMKM.

"Saya mengutip dari pernyataan pak Gubernur tentang perkecil kompetisi dan perbanyak kolaborasi," tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM Juara Kabupaten Subang oleh Wakil Bupati Subang, Kasi, Sekretaris DKUPP Kabupaten Subang dan tamu undangan lainnya.