×


Berita



Digelar Secara Virtual, Pemkab Subang Hadiri Rakerda Gerakan Pramuka Jawa Barat

  Selasa, 17 Mei 2022
  Annisa
  109 Dilihat

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rahmat Effendi menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Jawa Barat secara virtual di Ruang Rapat Segitiga Rumdin, Selasa (17/5).

Rakerda Gerakan Pramuka Jawa Barat tahun 2022 tersebut mengambil tema Menuju Pramuka Jabar Juara dengan motto Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubhaktikan.

Acara tersebut diikuti langsung oleh 121 peserta di Kwarda Jawa Barat serta seluruh pengurus Pramuka tingkat daerah secara virtual.

Ketua Kwarda Atalia Praratya mengatakan bahwa gerakan pramuka merupakan sebuah gerakan yang didirikan atas kehendak rakyat, DPR serta pemerintah (presiden) sehingga diterbitkannya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010.

"Yang perlu digaris bawahi adalah artinya wajib sifatnya bagi pemerintah disegala level atau jenjang untuk mendukung gerakan kepramukaan," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh gerakan pramuka Jawa Barat dengan anggota 8juta salah satunya yaitu cepat tanggap dalam hal bencana seperti longsor di Sumedang hingga ikut serta dalam pemantauan protokol kesehatan di pandemi Covid-19.

Selain itu, adapula peluncuran Superapps kepramukaan yang diapresiasi oleh nasional dan provinsi dengan dikeluarkannya Pergub Jawa Barat Nomor 15 Tahun 2021.

Senada dengan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa rapat kerja merupakan cara untuk menyiapkan rencana untuk satu tahun kedepan dengan baik.

"Masa depan yang baik datang dari perencanaan yang baik dan masa depan yang gagal datang dari perencanaan yang asal-asalan. Oleh karena itu rapat kerja ini jalankan dengan baik," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan terkait beberapa hal-hal yang harus dilakukan yaitu sesuai dengan visi misi, relevan, bisa dikerjakan dangan maksimal dan harus memberikan dampak yang luar biasa kepada citra.

Ia berpesan untuk memanfaatkan zaman sekarang yang serba 'viral' dengan menyebarkan hal-hal positif terutama yang sifatnya humanis.

Sebagai penutup, Ridwan Kamil juga meminta gerakan pramuka untuk membantu pemerintah dalam bidang ekonomi serta bidang kemiskinan ekstrem dan stunting.