×


Berita



Dharma Wanita Persatuan Kab. Subang Gelar Pap Smear Untuk Pencegahan Kanker Sejak Dini

  Rabu, 01 Desember 2021
  Annisa
  145 Dilihat

Sebagai upaya pencegahan kanker serviks Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Subang menggelar gerakan sadar Pap Smear di Sekretariat Dharma Wanita Persatuan Kab Subang, Rabu (01/12/2021).

Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat yang juga selaku Penasihat DWP Kab. Subang mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk peran aktif organisasi DWP dalam mendeteksi dini kanker leher rahim pada seorang ibu terutama di lingkungan Pemda Subang dan tiap-tiap OPD Kab. Subang.

Sementara itu menurut Ketua DWP Kab. Subang Hj. Siti Nuraeni Nuroni kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian HUT DWP yang ke 22, dan dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut menjadi hal yang bermanfaat di hari jadi organisasi pimpinannya.

Sementara itu perlu diketahui Pap Smear merupakan salah satu prosedur pemeriksaan pada leher rahim pada wanita. Leher rahim atau disebut juga serviks adalah bagian paling rendah dari rahim. Fungsi utama dari pemeriksaan pap smear adalah sebagai salah satu deteksi dini kanker serviks (kanker leher rahim). 

Pemeriksaan ini akan memperlihatkan keberadaan sel-sel prakanker atau kanker pada leher rahim Anda. Tes ini juga dapat membantu menunjukkan bila ada perubahan mencurigakan pada sel serviks, yang berisiko mengarah pada perkembangan kanker di kemudian hari.

Dengan melakukan tes ini secara dini, Anda juga mencegah terjadinya penyebaran sel kanker ke berbagai organ tubuh lain, seperti rahim, ovarium, paru-paru, dan hati.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pengurus DWP Kab. Subang dan DWP masing-masing OPD se Kab. Subang.