Ini Himbauan Kepala BPBD Subang Terkait Waspada Bencana

  • andri
  • Senin 13 Januari 2020
  • Dibaca: 87 Pengunjung
Ini Himbauan Kepala BPBD Subang Terkait Waspada Bencana

Menyikapi fenomena alam yang terjadi pada musim penghujan di awal tahun 2020, Kepala BPBD Kabupaten Subang, H. Hidayat, S.Ag, M.Si menghimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya bencana alam.

“Ketika terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang kami meminta masyarakat untuk segera menghubungi pihak BPBD. Hal itu sebagai upaya preventif kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan yang dapat terjadi ,”ujar Kepala BPDB Subang saat ditemui di halaman kantor Bupati Subang, Senin (13/01/2019).

Menurut Kepala BPBD, berdasarkan perkembangan cuaca BMKG diprediksikan Januari hingga Maret masih akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. 

“Melihat letak geografis Kabupaten Subang yang terdiri dari sektor lautan, dataran, lereng dan pegunungan tentu saja menjadi sangat dominan terjadi dua bencana yang harus kita sikapi dan siap siaga yaitu banjir dan longsor,” ujarnya.

Meski demikian pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak panik ketika ada tanda-tanda yang menghawatirkan dan meminta masyarakat untuk mengutamakan keselamatan disamping barang berharga.

Dan meminta masyarakat untuk senantiasa berdoa serta berupaya untuk melakukan tindakan preventif kesiapsiagaan darurat bencana dengan menghubungi BPBD melalui pemerintah desa dan kecamatan, sehingga upaya-upaya penanganan dapat segera dilakukan. 

Selanjutnya dalam menghadapi musim penghujan ini, Kepala BPBD mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah yang berserakan serta menggalakkan gerakan kebersihan dilingkungan sekitar agar saluran air tidak tersumbat. 

Selain itu juga Kepala BPBD meminta masyarakat untuk menghindari berteduh di bawah pohon besar. Ia juga meminta untuk memangkas pohon-pohon besar yang untuk menghidari risiko pohon tumbang saat terjadi hujan besar disertai angin kencang. (Diskominfo)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita