Dinas Ketahanan Pangan Subang Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

  • andri
  • Selasa 26 November 2019
  • Dibaca: 25 Pengunjung
Dinas Ketahanan Pangan Subang Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Subang H. Agus Ismail, S.Pd, MM, beserta jajaran Memanen Sayuran di Pekarangan kantor.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

Menurut Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Subang H. Agus Ismail, S.Pd, MM, dengan memanfaatkan pekarangan rumah kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya, jika harga sayuran atau buah-buahan di pasar melambung, kita bisa memanfaatkan sayuran dan buah itu di pekarangan rumah.

“Nantinya jika masyarakat membutuhkan sayuran tidak usah ke pasar. Jika tidak punya pekarangan pun bisa menggunakan Polybag,” ujar Agus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang  saat ini sedang menerapkan program Obor Pangan Lestari (Opal).  Opal sebagai upaya promosi penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat oleh Unit Kerja Lingkup Kementerian Pertanian serta dinas provinsi dan kabupaten/ kota yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pertanian dan atau pangan. 

“Program ini sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Jadi sebelum masyarakat menerapkan program ini, kita memberikan contohnya dulu. Diharapkan masyarakat bisa menerapkannya di rumah masing-masing,” jelasnya. (Diskominfo)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita