RRI Bandung Gelar Acara Gelegar 1000 Kentongan

  • andri
  • Senin 11 November 2019
  • Dibaca: 134 Pengunjung
RRI Bandung Gelar Acara Gelegar 1000 Kentongan

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membuka acara ditandai dengan pemukulan kentongan secara simbolis bersama para tamu undangan

RRI Bandung bekerjasama dengan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan menggelar acara "Gelegar 1000 Kentongan RRI Bandung", Senin (11/11/2019) Di Lapangan Sepakbola Panembong, Desa Tenjolaya, Kecamatan Kasomalang, Subang.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum turut hadir sekaligus membuka acara ditandai dengan pemukulan kentongan secara simbolis bersama para tamu undangan. Gelegar 1000 kentongan dimainkan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Al-Ikhlas Raudlatul Ulum, para pelajar SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA, serta masyarakat Desa Tenjolaya.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa program 1000 kentongan RRI ini memiliki makna yang sangat hebat dan mulia sebagai jawaban atas kebutuhan akan adanya media massa yang peduli terhadap mitigasi bencana.

"Mudah - mudahan dengan kegiatan ini persatuan dan kesatuan masyarakat Jabar semakin hebat dan kuat untuk menuju Jabar Juara Lahir dan batin," ujar Wagub Jabar.

Sementara itu menurut Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Soleman Yusuf Kentongan merupakan kearifan lokal sebagai "early warning system".

Adapun program kentongan ini bukan sekedar  bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan memberikan evakuasi kepada lansia atau korban. Akan tetapi itu juga berupaya menjadikannya sebagai gaya hidup "way of life" mulai dari mengadapi bencana, mengatasi bencana dan peduli terhadap lingkungan.

Acara dihadiri oleh Plt. Kadisparpora Kabupaten Subang, Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Raudlatul Uluum, Galuh Pakuan dan Kepala Desa Temjolaya serta masyarakat Desa Tenjolaya. (Diskominfo/ Rovit)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita