Pemkab Subang Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat

  • andri
  • Kamis 08 Agustus 2019
  • Dibaca: 1 Pengunjung
Pemkab Subang Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat

Pemerintah Kabupaten Subang Menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Subang, Kamis (8/8/2019) Aula BP4D Kabupaten Subang.

Kegiatan rapat dibuka oleh Kabid Sosbud  BP4D Kabupaten Subang, Dra. Nunung Nurhayati, M.Si, juga turut dihadiri oleh Kepala BP4D Kabupaten Subang, H.Sumasna, ST M.Mum, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Subang, dr.Ahmad Nasuhi, hadir pula Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Subang, H. Parman.

Terkait program Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Subang, dalam arahannya Kepala BP4D Kabupaten Subang menyampaikan bahwa masalah sanitasi di Kabupaten Subang masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

"Sanitasi merupakan urusan yang besar, terkait pengelolaan limbah cair dan sampah, belum sepenuhnya di semua daerah dapat dilayani oleh pemerintah," ujar Kepala BP4D Kab.Subang

Menurut Kepala BP4D Kab. Subang hal yang menjadi penilaian dalam proses Kota/Kabupaten sehat lebih dominan dilihat pada  sisi preventif dengan promotif, sehingga hal pertama yang dipertayakan yaitu menyangkut kondisi kesehatan di lingkungannya.

"Jika lingkungannya sehat maka tidak ada kontribusi lingkungan terhadap memburuknya kondisi kesehatan bagi penghuninya", ujar Kepala BP4D Kab.Subang

Selain itu dengan adanya program Kabupaten/Kota Sehat Kepala BP4D Kab. Subang berharap dapat memberikan dorongan serta menjadikan sarana untuk mengetahui sampai sejauh mana peran Pemerintah Kabupaten Subang terkait dengan layanan publik di Kabupaten Subang khususnya di lingkup kesehatan.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut juga  dilakukan pemaparan oleh ketua forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Subang, mengenai fungsi forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Subang, diantarnya membina forum komunikasi kecamatan dan pokja desa sehat, mengupayakan pencarian dan penyaluran sumber pembiayaan, serta mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Adapun lokasi yang ditunjuk oleh Kabupaten Subang dalam program Kabupaten/Kota Sehat ini meliputi kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, pariwisata sehat, kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan industri dan perkantoran sehat, serta kawasan ketahanan pangan dan gizi. (Diskominfo/ Rovit)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita