×


Berita



Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Pelantikan Dan Pengukuhan PPS Se-Kabupaten Subang

  Selasa, 24 Januari 2023
  Annisa
  240 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri pelantikan dan pengukuhan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan umum serentak 2024 di Gedung Serbaguna Mulia, Selasa (24/1).

Adapun jumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang sebanyak 759 orang sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang Nomor 4 Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Subang Suryaman menyampaikan bahwa anggota PPS yang dilantik rata-rata merupakan kaum milenial sehingga diharapkan pelaksanaan pemilu 2024 mampu berjalan dengan sukses.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa sebagai anggota PPS harus akuntabel, kredibel, transparan dan independen sehingga penyelenggaraan pemilu serentak 2024 dapat terlaksana dengan baik.

"Untuk itu anggota PPS harus satu komando, tegak lurus tidak boleh condong kiri atau kanan," lanjutnya.

Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jawa Barat Agus Hasbi Noor membacakan sambutan dari Ketua KPU Jawa Barat. Ia menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan momen paling penting pada proses pemilihan umum 2024 yang berkualitas dan spirit akur sauyunan.

Ia mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para anggota yang sudah bergabung untuk penyelenggaraan pemilu serentak 2024 dan berharap dengan keberadaan PPS sebagai ujung tombak pelaksanaan pemilu mampu menjadi agen sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

Senada dengan itu, ia juga berharap PPS mampu menjamin  semua tahapan pelaksanaan pemilu di tingkat desa/kelurahan sesuai dengan prinsipnya yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib hingga efisien atau tidak ada hambatan.

"Mari kita kembangkan sinergitas dan kami harapkan PPS untuk segera melakukan koordinasi internal baik vertikal maupun horizontal," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Subang juga mengucapkan selamat kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah dilantik serta apresiasi kepada KPU Subang yang sudah menyelenggarakan acara sesuai waktu yang telah ditentukan.

Ia juga menyampaikan bahwa dibutuhkannya pembuktian pelaksanaan pemilu yang berintegritas dengan cara mengimplementasikan janji sumpah yang telah diucapkan dalam bertugas.

"Saya inginkan pelaksanaan pemilu nanti berjalan dengan baik, jujur dan benar, untuk hari esok Subang lebih baik dan saya inginkan saudara lakukan tugas dengan baik, jangan lakukan hal-hal diluar SOP," lanjutnya.

Ia juga berpesan agar seluruh anggota PPS mampu mengikuti bimtek yang akan dilaksanakan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU Subang dengan Kepolisian resor Subang. Kemudian Bimbingan Teknis Anggota PPS se-Kabupaten Subang bersama Kapolres Subang dan Kejaksaan Negeri Subang serta bimtek mengenai kode etik hingga tata kerja PPS.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, para Ketua dan perwakilan Partai Politik, jajaran KPU Kabupaten Subang, unsur Forkopimcab dan tamu undangan lainnya.