×


Berita



Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Subang

  Senin, 20 Juni 2022
  Annisa
  73 Dilihat

Pemerintah Kabupaten Subang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Subang yang bertempat di Aula Pemda Subang. Senin (20/6).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka implementasi gerakan menuju kota cerdas (Smart City) Kabupaten Subang 2022, yang dibuka oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dan diikuti sebanyak 74 peserta dari setiap unsur OPD Kabupaten Subang.

Dalam laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang Drs. Mas Indra Subhan, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

Kadis Kominfo Subang berharap seluruh peserta dapat berperan aktif mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis sehingga dapat menghasilkan persamaan persepsi terkait penerapan Smart City di Kabupaten Subang dalam rangka mewujudkan Subang Jawara.

Analis Kebijakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Muhammad Fahruroji mengatakan bahwa, smart governance merupakan instrumen pokok agar kualitas layanan publik dapat meningkat sehingga masyarakat bisa nyaman dan Kabupaten Subang bisa maju.

"Ketika kabupaten dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat di dalamnya, lambat laun kabupaten tersebut akan berkembang dengan sendirinya," ujarnya.

Dirinya juga berharap dari kegiatan bimbingan teknis ini akan timbul inovasi berbagai kegiatan yang bisa mendorong instrumen terwujudnya Smart City.

Sementara itu Tenaga Ahli IT Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Setia Yasid mengapresiasi Kabupaten Subang atas pengambilan sikap menuju Smart City, karena IT sudah menjajah dunia dan apabila  tidak menangkap peluangnya maka akan tertinggal dengan kemajuan Teknologi yang begitu pesat.

Dirinya mengharapkan dalam proses bimbingan teknis semua peserta dapat mencurahkan persoalan apa yang ingin diperbaiki
sehingga dapat tersusun masterplan untuk Kabupaten Subang.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menyampaikan rasa bangga atas hasil asesmen yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bahwa Kabupaten Subang terpilih menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/kota di Indonesia dalam program Gerakan Smart City. "Kami merasa bangga atas hasil asesmen Kementerian Kominfo bahwa Kabupaten Subang terpilih untuk mengikuti gerakan menuju Smart City," ujar Wakil Bupati Subang.

Dirinya menjelaskan konsep smart city sangat diperlukan dalam menjawab tantangan dan kesempatan atas perkembangan penduduk yang semakin cepat, komplek dan beragam.

Selanjutnya Wakil Bupati Subang meminta seluruh peserta untuk betul-betul memanfaatkan dan dapat mengimplementasikan kegiatan hari ini dengan sebaik mungkin.

"Mari kita sukseskan gerakan menuju Smart City demi mewujudkan Subang Jawara," ujarnya.

Adapun kegiatan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City ini berlangsung pada tanggal 20 Juni s.d. 21 Juni 2022 yang bertempat di Aula Pemda Suabang

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten daerah bidang perekonomian dan pembangunan, Asisten daerah bidang administrasi umum, Jajaran OPD, Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Subang, Para Peserta Bimtek penyusunan Masterplan Smart City, Para Camat, Lurah serta Kades yang mengikuti secara virtual.