×


Berita



Bapenda Subang Selenggarakan Intensifikasi Kolaboratif PKB-PBB dan Pemberdayaan Bumdes

  Senin, 29 Juni 2020
  andri
  758 Dilihat

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang menyelenggarakan kegiatan Intensifikasi Kolaboratif Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta Penguatan BUMDES sebagai mitra Pembayaran PBB & PKB melalui PPOB Bank BJB di Kabupaten Subang. Acara berlangsung, Senin (29/6/2020) di Aula Desa Dukuh Kecamatan Ciasem.

Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut kunjungan Kepala Bapenda Provinsi Jabar kepada Bupati Subang beberapa minggu yang lalu. Menghasilkan Inovasi yang sangat luar biasa dan menarik perhatian seperti Zonita Pamor, Sidakep, Intensifikasi Kolaboratif PKB-PBB dan Pemberdayaan Bumdes.

“Kegiatan ini bagian dari tindaklanjut instruksi Bupati Subang kepada Bapenda Kabupaten Subang agar terus berkolaborasi dengan Bapenda Jabar, sehingga target pajak provinsi di Kabupaten Subang dapat tercapai untuk mewujudkan Subang jawara,’’ ujar Kabid PBB dan BPHTB Bapenda Subang, Andri Darmawan, S.STP.,M.M selaku narasumber.

Andri menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai inovasi Bapenda yang bekerja sama dengan Samsat Subang dan Bank BJB dalam peningkatan pelayanan dan realisasi penerimaan PBB melalui Bumdes menjadi tempat Pembayaran PBB. Petugas PBB Desa agar bekerja sama dan memanfaatkan Bumdes sebagai tempat pembayaran PBB. Bukti struk pembayaran yg dikeluarkan BUMDES dipersamakan dengan Surat Tanda Terima Setoran (STTS) PBB dan langsung diterima masyarakat/wajib pajak.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Kasi Pendataan dan Penilaian P3DW Samsat Subang, Ahmad Zayyidin Ansori,Lc, Camat Ciasem H. Toni, Sekcam Ciasem, Pendamping Desa Kemendes. Adapun peserta kegiatan yaitu Kepala Desa Dukuh, Ketua BPD, Sekdes, Para Kadus, RW, RT, Petugas PBB Desa dan tokoh masyarakat Desa Dukuh.

Ketua Bumdes Dukuh Mulia Desa Dukuh Kecamatan Ciasem, Ahmad Tajudin sangat berterima kasih atas kehadiran Tim Monitoring dan Sosialisasi Intensifikasi Kolaboratif PKB-PBB ke Desa Dukuh. Ahmad Zayyidin menyampaikan bahwa Inovasi pemberdayaan Bumdes menjadi PPOB PKB dan PBB sebagai mitra kegiatan penelusuran KTMDU dan updating objek PBB, Bumdes juga sebagai pusat layanan konsultasi pajak masyarakat.

Sementara itu, Camat Ciasem berharap realisasi PBB dan PKB di Kecamatan Ciasem terutama Desa Dukuh semakin meningkat dan ditargetkan 100% lunas PBB.

Menurutnya, pihak Kecamatan Ciasem menerapkan kewajiban melampirkan STTS PBB dalam memberikan pelayanan adminiatrasi apa itu KTP, KK, Surat Pindah, diwajibkan menunjukan bukti lunas PBB nya. (Diskominfo)