×


Berita



Bapenda Permudah Pembayaran PBB

  Kamis, 13 Agustus 2020
  andri
  473 Dilihat

Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Subang, Kelurahan Pasirkareumbi berkolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Bank BJB dan Mahasiswa Universitas Subang (Unsub) dalam mempermudah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Dengan mendatangkan 1 unit mobil pelayanan pembayaran pajak dari bank bjb, warga Komplek Bumi Abdi Negara RT 52 RW 16 Kelurahan Pasirkerumbi Kecamatan Subang, mengantre untuk membayar pajak, Kamis (13/8). Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19, sebagian masyarakat enggan mengantre di tempat umum, karena kewaspadaan terkonfirmasi virus korona. 

Kepala Bapenda H Dadang Kurnianudin S.IP., M.Si mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya Bapenda untuk mengoptimalkan penerimaan daerah melalui pembayaran pajak bumi dan bangunan buku 1 dan 2 sektor perdesaan dan perkotaan. “Ini hasil kolaborasi Bapenda, Pemerintah Kelurahan Pasirkareumbi, bank bjb dan mahasiswa Unsub, dengan membawa mobil pelayanan pajak ke pemukiman masyarakat, sehingga mempermudah untuk membayar pajak. Mudah-mudahan masyarakat yang membayar pajak akan meningkat,” kata Kepala Bapenda. 

"Hingga saat ini, secara total penerimaan PBB sampai dengan 12 Agustus 2020 mencapai 39 persen dari target Rp71 miliar," tambahnya. 

Sementara itu, Lurah Pasirkareumbi Jaja, SSTP mengucapkan terima kasih kepada Bapenda, Bank BJB dan mahasiswa Unsub yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang sudah membantu memudahkan pembayaran PBB. “Dari target PBB Rp456 juta, pembayaran hingga saat ini mencapai Rp155 juta. Mudah-mudahan dalam kegiatan ini, kami menargetkan Rp7 juta dari pembayaran PBB di Komplek Bumi Abdi Negara,” ungkapnya. 

Sebagai upaya lainnya, Kelurahan Pasirkareumbi memberikan piagam penghargaan kepada ASN dan pengurus RW dan RT, yang telah memberi contoh kepada warga lainnya, dalam membayar PBB tepat waktu bahkan sebelum SPPT diterima. Kemudian lewat kegiatan kerja bakti saat moment berkumpulnya warga, lurah selalu mengimbau warga agar segera membayar PBB. "PBB dari warga dan untuk warga juga diantaranya untuk dana pembangunan di lingkungan warga," katanya.

Kedatangan mobil pelayanan pajak dari Bank BJB, disambut antusias masyarakat Komplek Bumi Abdi Negara. Sejak pagi, warga sudah menunggu untuk melakukan pembayaran pajak.

Salah seorang warga RW 16, Erik mengucapkan terima kasih kepada Kelurahan Pasirkareumbi, Bapenda, Bank bjb dan mahasiswa Unsub yang telah membantu mempermudah pembayaran pajak.

“Di masa pandemi Covid-19 warga tidak banyak pergi keluar rumah. Melalui mobil pelayanan pajak, warga antusias membayar dan tidak perlu keluar rumah, apalagi mengatre di tempat umum,” katanya. 

Sedangkan perwakilan KKNM Unsub kelompok 18 Ilham Adjie Qurbani mengatakan, mahasiswa Unsub siap membantu program Kelurahan Pasirkareumbi salah satunya dalam pembayaran PBB. “Kami membantu melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk memudahkan pembayaran PBB untuk meningkat PAD Kabupaten Subang,” katanya.