Sandimanis.subang.go.id, Mudahkan Pengelolaan Persandian dan Keamanan Informasi

  • 08 Mei 2018
  • Dibaca: 145 Pengunjung
Sandimanis.subang.go.id, Mudahkan Pengelolaan Persandian dan Keamanan Informasi

Adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dalam urusan persandian berdampak pada berkembangnya peran dan fungsi persandian di pemerintah daerah.

Hal ini juga sejalan dengan Lembaga Sandi Negara sebagai lembaga teknis pembina urusan persandian yang saat ini memiliki cakupan tugas lebih besar dengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara sehingga berpotensi terhadap pengembangan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Penyelenggaraan layanan persandian untuk pengamanan informasi di Kabupaten Subang berada pada Seksi Keamanan Informasi dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Subang.  

Namun, pada pelaksanaannya di Kabupaten Subang belum ada kebijakan berupa peraturan daerah dan atau peraturan bupati tentang persandian dan keamanan informasi. Kemudian, belum adanya dokumen perencanaan strategis persandian dan keamanan informasi. Bahkan belum adanya SOP di bidang persandian dan keamanan informasi.

Kepala Seksi Keamanan Informasi dan Telekomunikasi Diskominfo Kabupaten Subang, Muhamad Furqon, S.T.mengatakan bahwa untuk mewujudkan suatu langkah strategis yang konkrit, pihaknya kini membuat Proyek perubahan dengan membuat aplikasi yang diberi nama “SANDIMANIS - Sistem Database Persandian dan Keamanan Informasi Kabupaten Subang”.

Proyek perubahan ini melaksanakan ide inovatif untuk menghasilkan efisiensi berbagai aspek pengelolaan data persandian dan keamanan informasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu, pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi yang dihasilkan sehingga informasi mutakhir serta mudah diakses dan mudah dimanfaatkan oleh pengelola persandian dan keamanan informasi, selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam pengambilan kebijakan pimpinan.

“Perubahan yang dilakukan adalah dengan membangun aplikasi untuk mengelola data persandian dan keamanan informasi dengan baik dan bersifat kontinu sehingga memenuhi kebutuhan kedinasan terutama pengelola persandian dan keamanan informasi,” ungkapnya, Selasa (8/5) di Sari Ater Hotel & Resort.

Menurut Furqon, terkait penggunaan aplikasi tersebut, pihaknya juga melaksanakan Sosialisasi yang diselenggarakan dari tanggal 8 – 9 Mei 2018 di Sari Ater Hotel & Resort. Peserta  sosialisasi berjumlah 60 orang, yang terdiri dari perwakilan pejabat esselon IV pada tiap perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Subang.

“Aplikasi sandimanis.subang.go.id ini diharapkan memberikan kemudahan bagi pengelola persandian dan keamanan informasi di Kabupaten Subang dalam proses pengelolaan data persandian dan keamanan informasi sebagai pendukung kegiatan urusan persandian dan keamanan informasi.

Selain itu, lanjutnya, aplikasi ini diharapkan memberikan kemudahan dalam hal akses data persandian dan keamanan informasi Kabupaten Subang dengan sistem yang online dan telah berbasis web serta memiliki tampilan yang responsive, serta memberikan kemudahan dalam hal pembuatan laporan pengelolaan data persandian dan keamanan informasi.

           

 

  • 08 Mei 2018
  • Dibaca: 145 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita