Bimtek Pilkada Subang

  • 30 Desember 2017
  • Dibaca: 80 Pengunjung
Bimtek Pilkada Subang

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun Pegawai Negeri Sipil  (PNS) yang akan mencalonkan sebagai Kepala Daerah dipersilahkan untuk mengundurkan diri dan segera memprosesnya. Kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Subang, Nana Mulyana pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Subang tidak keberatan ASN ikut dalam pencalonan dan mengurus prosesnya sesuai dengan aturan. “Diantaranya mengajukan pengunduran diri sebagai ASN atau PNS,” ujarnya dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Subag dengan Instansi terkait di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, Sabtu (30/12/2017).

Pada kegiatan Bimtek ini fokus persiapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dikatakan Ketua KPU Kab Subang, Maman Suparman maka diundang semua pihak diantaranya partai politik yang memiliki kursi, memiliki suara dan eksis di Kabupaten Subang serta LO para tokoh yang berniat kuat menjadi bakal calon pada Pilkada dan stakeholder yang terkait dalam proses tahapan seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Disampaikan oleh Maman beberapa hal penting dalam proses pencalonan diantaranya ialah rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), para bakal calon yang akan mendaftar juga perlu diperhatikan mencantumkan nama harus sesuai dengan yang telah didaftarkan kepada Pengadilan. Selanjutnya pencantuman gelar akademis harus menyertakan ijazah akademis dari gelar yang dicantumkan. “Misalnya gelar S1, harus ada ijazah S1-nya begitu pula dengan gelas S2 harus menyertakan ijazahnya begitu seterusnya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Maman menyampaikan apabila calon yang mendaftarkan hanya satu pasang maka KPU akan memperpanjang masa pendaftaran. Apabila hanya satu pasang calon maka yang maju sebagai calon akan dilakukan pemilihan antara setuju dan tidak setuju.  KPU Kab Subang akan membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah mulai dari tanggal 8 sampai tanggal 10 Januari 2018.

Kemudian dari Disduk Capil menyampaikan bagi para bakal calon yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sekarang bisa mengurusnya. “Begitu pula bagi warga yang belum mempunyai KTP elektronik bisa mengurusnya sekarang. Saat ini bahan baku KTP tersedia cukup,” ujar Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdu Capil Kabupaten Subang, Ahmad Fauzi.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Pendidikan (Dikbud) Kabupaten Subang menyampaikan bahwa untuk legalisir ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pihak Dinas Dikbud Kabupaten Subang belum diberikan kewenangan untuk melakukan legalisir. “Itu bisa dilakukan langsung ke Dinas di Pemerintah Provinsi,” katanya.

Bimtek yang dipimpin oleh Ketua KPU Kab Subang dan stakehorlder juga dihadiri Komisioner Divisi Pencegahan, Pengawasan dan Hubungan antar lembaga Panwaslu Kab Subang, Ujang Sofyan. (MDC/KPU Kab Subang)

  • 30 Desember 2017
  • Dibaca: 80 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita