×


Berita



Bupati Subang Tinjau Panen Arang dan Pembuatan Tungku

  Rabu, 13 Januari 2021
  andri
  132 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat melakukan kunjungan dalam rangka panen arang dan pembuatan tungku di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater Kab. Subang. Pada hari Rabu (13/01/2021).

Kang Jimat mengatakan kunjungan ini merupakan bentuk dukungan terhadap industri pedesaan yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Limbah kayu yang biasanya terbengkalai dimanfaatkan menjadi arang. Dalam industri ini, masyarakat banyak terlibat untuk memproduksi arang.

"Terkait dengan program jawara niaga harapan saya, seluruh masyarakat subang bisa merasakan kejayaan, keistimewaan dan kesejahteraan di bidang industri. Ini salah satu bukti dan upaya untuk menggapai harapan itu, contohnya industri di pedesaan kita lihat bersama seberapa banyak masyarakat terlibat dengan memproduk hasil daripada di lingkungan tersebut" ujar Kang Jimat.

Lanjutnya, daripada terbuang limbah-limbah kayu untuk diproduksi menjadi arang. Dan juga akan mensupport untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat, sehingga pemerintah daerah juga mensupport terkait hal ini. Ada 10 desa yang mendapat anggaran pada tahun ini untuk membangun tungku-tungku untuk memproduksi arang, khususnya bagi desa yang ada di pangkuan hutan yang masih terdapat tumbuhan untuk menghasilkan kayu-kayu yang produktif.

Kang Jimat berharap semoga limbah kayu tersebut bisa dimanfaatkan dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para petani ataupun masyarakat itu sendiri.

Turut hadir Kepala Dinas DKUPP, Kepala Dinas Pemdes, ASDA I, Kapolsek dan Danmil Ciater, Camat Ciater serta Kepala Desa Cisaat. (Nizar/Diskominfo)