×


Berita



Bupati Subang Hadiri Diseminasi Revitalisasi SMK Pertanian

  Kamis, 08 April 2021
  annisa
  81 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri sekaligus membuka diseminasi revitalisasi SMK Pertanian kerja sama Indonesia-Belanda, Kamis (08/04/2021) di Aula SMKN 2 Subang.

Kepala Sekolah SMKN 2 Subang, Ramlis menyampaikan bahwa Program Revitalisasi SMK Pertanian merupakan program kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda.

Pada tahun 2016 dilakukan nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Belanda mengenai kerjasama Revitalisasi SMK Pertanian. 

Tahun 2018 ditetapkan dua SMK Pertanian secara nasional sebagai sekolah model, yaitu SMKN 2 Subang (Jawa Barat) dan SMKN 5 Jember (Jawa Timur). Tahun 2021 merupakan tahun terakhir untuk fase pertama.

Adapun tujuan Revitalisasi SMK Pertanian ini adalah untuk meningkatkan pelatihan dan pendidikan kejuruan di bidang pertanian. Mengahasilkan lulusan yang kompeten dan memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

Kepala Sekolah SMKN 2 menambahkan, pengembangan Revitalisasi SMK Pertanian ini terdiri dari empat pilar, yaitu penguatan kelembagaan, pengembangan kurikulum, pembangunan Infrastruktur, dan peningkatan kompetensi guru.

Sementara itu, Bupati Subang, H. Ruhimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada SMKN 2 Subang yang telah masuk ke dalam program Revitalisai SMK Pertanian di Indonesia.

Bupati Subang mengungkapkan, kondisi saat ini, Indonesia darurat petani millenial, dan tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar petani berusia 40 taun ke atas, dan hanya 30% dari jumlah petani di bahwa usia 40 tahun.

Selanjutnya Bupati Subang mengatakan, di masa pandemi saat ini, Kabupaten Subang termasuk ke dalam Kabupaten yang melaksanakan program ketahanan pangan dan ini membutuhkan dukungan sumber daya manusia yang banyak.

"Saya memiliki optimisme, dengan adanya kegiatan ini menjadi upaya memenuhi sumber daya pertanian dalam mensukseskan program ketahanan pangan dan program wirausaha muda" ujar Bupati Subang.

Bupati Subang berharap peluang pengembangan pertanian di Kabupaten Subang mampu ditangkap pula oleh SMK lainnya, sebagai upaya meraih generasi muda untuk bisa terjun di sektor pertanian.

"Saya berharap seluruh SMK yang hadir dapat mengambil pelajaran dari SMKN 2 Subang dalam membentuk generasi millenial untuk tertarik dan terjun dalam sektor pertanian" harap Bupati Subang.

Setelah membuka acara Bupati Subang meninjau hasil pertanian di lahan pertanian SMK Negeri 2 Subang

Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala KCD Wilayah IV, Asda II, Project Manager Program Revitalisasi SMK Pertanian, Plt. Kepala Dinas Pertanian Subang, para Kepala SMK se-Kabupaten Subang. (Diskominfo)