Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2016-10-19
Penutupan TMMD Ke-97 Tingkat Kabupaten Subang
 
(Diskominfo/td)
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi antara TNI dengan Pemerintah Daerah dalam rangka menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan bersama terutama masyarakat di desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Wing 8 Pangkalan Udara Suryadarma Kalijati Subang, Kolonel Pnb Sapuan saat menjadi inspektur upacara pada Penutupan Kegiatan TMMD ke-97 Tahun 2016 di Lapang Sepakbola Desa Dayeuhkolot Serangpanjang Subang, Rabu (19/10/2016).

Selanjutnya kata Sapuan, kegiatan TMMD dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD). Kemudian program ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“TMMD Ke - 97 Tahun 2016 telah menyelesaikan 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di wilayah Kodam di seluruh Indonesia yang berupa pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembangunan halte, pembuatan pos kamling, pembuatan sarana olahraga, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, serta pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat" ujar Sapuan.

Sambutan diakhiri dengan harapan dapat tetap terpeliharanya kebersamaan dan semangat gotong royong juga evaluasi TMMD Ke 97 agar TMMD selanjutnya dapat lebih baik. Selain itu Sapuan juga mengucapkan terima kasih kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD. Dengan selesainya kegiatan TMMD ini para prajurit kembali ke induk pasukan masing-masing.

Acara diakhiri dengan pemberian bola secara simbolis kepada Kepala Desa dan Ketua Karang Taruna oleh Dan Wing 8 Lanud Suryadarma, yang didampingi oleh Dandim 0605 Subang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang.

Sementara itu menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kab Subang, Syawal, hasil kegiatan TMMD sangat dirasakan oleh masyarakat desa diantaranya pembukaan jalan desa yang menghubungkan Desa Dayeuhkolot dan Desa Sukamandi Sagalaherang.

“Dengan adanya jalan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat karena sebelumnya mereka harus melambung (memutar jauh) mengikuti jalan yang biasa. Jangkauan relatif pendek kurang dari 1 km dapat mempersingkat waktu,” ujar Syawal.

Selanjutnya mengenai rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) sangat membantu meningkatkan kesejahteraan warga. “Walaupun jumlahnya hanya 6 unit tetapi paling tidak bisa mengurangi warga pra-sejahtera,” imbuhnya.

Dampak utama dari kegiatan TMMD, lanjut Syawal ialah memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengelola program pembangunan menjadi lebih optimal untuk kemajuan desa.

“Bahkan melalui kegiatan ini akan dilanjutkan dengan melakukan pengaspalan jalan yang menghubungi dua desa (Dayeuhkolot dan Sukamandi) tersebut,” tambahnya.

Disampaikan Syawal dalam kegiatan TMMD ialah pembuatan badan jalan sepanjang 500 X 5 meter, pengerasan jalan sepanjang 500 X 3 meter, pambuatan jembatan dengan ukuran 5 X 4 meter, pembuatan gorong-gorong plat 1 buah, pembuatan gorong-gorong buis 1 buah, merehab pos kamling sebanyak 4 unit, pengecatan dan pelaburan mushola sebanyak 4 unit dan menanam pohon sebanyak 3 ribu batang. Kemudian sasaran tambahan membedah rumah sebanyak 6 unit.

Sedangkan kegiatan non-fisik TMMD yaitu melaksanakan penyuluhan hukum, penyuluhan keluarga pra-sejahtera, penyuluhan pertanian, penyuluhan teknologi tepat guna, penyuluhan wawasan nusantara dan bela negara, penyuluhan kesehatan, penyuluhan kerukunan hidup beragama, penyuluhan siskamling, penyakit masyarakat dan narkoba.

Turut hadir pada kegiatan ini ialah Irdam III/Siliwangi, Dandim 0605 Letkol Inf Budi Mawardi Syam, Kapolres Subang AKBP Yudhi Sulistianto Wahid S.Ik, Kejaksaan, pejabat SKPD, Camat ,tokoh agama dan tokoh masyarakat. Diikuti segenap Prajurit TNI/Polri, Satpoll PP, Ormas dan para pelajar.
 (td)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo