Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2016-12-20
Natal dan Tahun Baru Dikawal Lintas Sektoral
 
(Diskominfo / td)
Sebanyak 992 Personil akan akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Lodaya dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017. Pada operasi ini akan melibatkan untuk Polri, Brimob, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Satpam dengan dukungan pemadam kebakaran, ambulans dan derek.

Menurut Kapolres Subang, AKBP Yudhi Sulitianto Wahid sebagaimana Kasat intelkam Polres Subang AKP Asep Rahmat menjelaskan, potensi yang akan muncul antara lain terjadi kemacetan lalu lintas akibat penempatan parkir, kerawanan provokasi massa dengan isu SARA dan intoleransi.

“Terkait lokasi perayaan malam tahun baru diwaspadai titik kepadatan di wilayah Pantura Subang khususnya wilayah Pamanukan, Wisma Karya Kota Subang dan daerah wisata Ciater. Potensi kerawanan kamtibmas meliputi kecelakaan ataupun perkelahian, untuk itu polres Subang akan melakukan razia miras dan knalpot bising. Kami akan maksimalkan peran petugas pengamanan internal gereja,” ujar Asep saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya dalam Rangka Pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Aula Polres Subang, Selasa (20/12).

Kapolres juga menghimbau agar mewaspadai teror dalam berbagai modus dengan sasaran tempat ibadah. Antisipasinya dengan meningkaktkan intensitas patroli, meningkatkan Operasi Pekat dengan prioritas sasaran minuman keras juga mewaspadai aksi sweeping oleh pihak manapun.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat Subang dapat melaksanakan Ibadah Natal dan menikmati malam tahun baru dengan aman dan nyaman,” ujarnya lagi.

Kasat Lantas, AKP Sujana mengatakan untuk mencegah terjadinya kemacetan akan ada pengalihan arus lalu lintas pada malam tahun baru dan melakukan penutupan jalur Jalan Wangsa Goparana (depan Mesjid Agung) dan Jalan A.Yani.

“Kedua jalur ini khusus untuk para pejalan kaki dan mencegah kepadatan di Kota Subang. Di jalur wisata juga akan diberlakukan rekayasa lalu lintas apabila terdapat kepadatan lalu lintas,” ujar Sujana.

Untuk menciptakan situasi kondusif, Kabag Ops Polres Subang, Kompol Kusno Diyantara mengatakan pada Operasi Lilin Lodaya kegiatan kepolisian akan ditingkatkan melalui Patroli Skala Besar dan razia di lapangan dengan mengoptimalkan seluruh jajaran.

Kemudian Asisten Tata Praja Kabupaten Subang, Asep Nuroni mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan menjelang Natal dan Tahun Baru akan memberikan dampak terhadap aktivitas masyarakat terutama di tempat ibadah, tempat rekreasi, berbagai arus dan mobilisasi masyarakat.

“Ini berpotensi terhadap segala kerawanan yang akan timbul, oleh karena itu kami mendukung dan menyambut baik kegiatan Operasi Lilin Lodaya dan diperlukan persamaan persepsi dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017,” katanya.

Asep mengatakan perlu diantisipasi gerakan intoleransi, waspada terhadap kemungkinan yang terburuk selama pelaksanaan Natal dan malam Tahun Baru. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama lintas sektoral seluruh elemen agar perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman, tertib dan lancar.

“Kira berharap pelaksanaan operasi Lilin Lodaya berjalan baik sehingga masyarakat Subang dapat merasakan keamanan dan kenyamanan,” ujar Asep.

Selanjutnya Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Budi Mawardi Syam berharap tahun 2016 dapat dilewati dengan keadaan aman dan tentram.

“Kami harap agar semua aparatur keamanan dan aparatur pemerintah menyikapi situasi perkembangan yang dapat membahayakan. Dalam (kegiatan) pengamanan semua elemen bersinergi di lapangan,” ujar Budi.

Perwakilan Komandan Lanud Suryadarma menyampaikan akan ikut mendukung untuk menyukseskan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Rapat Koordinasi ini turut dihadiri Komandan Subdenpom Subang, Perwakilan Yonif 312, Perwakilan Pengadilan Negeri Subang, perwakilan Dinas Diskominfo, Dinas PU dan Bina Marga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Perwakilan Jasa Raharja, Pimpinan Gereja se-Kab. Subang.
 (td)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo