Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2016-10-01
Dengan Kebersamaan Raih Adipura
 
(Diskominfo / td)
Puluhan siswa-siswi sekolah secara serentak melakukan aksi pungut sampah di sepanjang jalan KS Tubun Subang, Sabtu (1/10). Nampak di tangan mereka kantong plastik berwarna hitam sebagai tempat menyimpan sampah yang mereka pungut disepanjang jalan yang dilalui. Tidak peduli panas matahari menyengat tubuh mereka dengan kompak menyebar sepanjang jalan sambil memungut sampah.

Upaya serius Pemerintah Kabupaten Subang untuk menjaga kebersihan lingkungan ternyata direspon baik oleh pihak pendidikan dengan mengerahkan siswa ikut ambil bagian dalam aksi pungut sampah.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu upaya untuk meraih Piala Adipura. Sebagai bentuk keseriusannya, Pemkab Subang melakukan upaya dengan mengerahkan semua kekuatan untuk menambah nilai di titik pantau yang menjadi penilaian Adipura. Salah satu bentuk keseriusan tersebut diantaranya dengan melaksanakan Apel Akbar Jum’at Bersih yang dipimpin oleh Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih di Terminal Subang bersama pimpinan Perangkat Daerah (PD) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Jum’at (30/9).

Apel Akbar Jum’at Bersih merupakan tonggak keseriusan Pemkab Subang dalam hal ini seluruh elemen Muspida juga bersama masyarakat untuk meraih Adipura.

Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih, selaku Kepala Daerah bertekad ingin meraih Adipura setelah Sertifikat Adipura berhasil diraih.

Bagi Pemkab Subang ada hikmah penting bersamaan dengan tekad meraih Adipura, yaitu nilai kebersamaan antar PD, Muspida dan masyarakat.

“Karena selama ini masyarakat memerlukan keteladanan dari aparatur pemerintah, maka dengan kebersamaan dalam kegiatan kebersihan bisa memberikan teladan kepada masyarakat sekitar lingkungan kegiatan aksi kebersihan,” ujarnya.

Karena lanjut Imas keberhasilan sulit atau mungkin mustahil diraih tanpa adanya kebersamaan semua elemen bangsa, yaitu Pemerintah, Muspida, Masyarakat, LSM bahkan sampai insan pers.

“Selama kita tidak ada kekompakan, kebersamaan dan tekad yang kuat betul-betul berjuang tentu kita tidak akan berhasil. Tetapi ketika melihat kebersamaan seperti ini saya yakin kita akan berhasil,” kata Imas.

Aksi kebersihan berlangsung bersama instansi Forkopimda, dari jajaran TNI dan Polri bersama unsur ormas dan LSM yang langsung menyebar membersihkan sudut-sudut terminal dan pasar yang lokasinya di belakang terminal.

Imas secara terbuka mengakui peran besar “Pasukan Kuning” (petugas kebersihan) yang selalu setia pada aktifitasnya membersihkan lingkungan kota sepanjang waktu.

Pada kesempatan tersebut diserahkan sejumlah sarana untuk menunjang petugas kebersihan diantaranya pakaian kerja, sepatu boot, sepatu kets, sarung tangan, jas hujan dan sejumlah kendaraan penunjang untuk mengangkut sampah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Subang, Suwarna mengatakan momen upaya meraih Adipura adalah sebagai media membiasakan menjaga kebersihan.

“(Meraih) Adipura hanyalah media. Untuk menjadikan hidup sehat menjadi habbit masyarakat. Masyarakat akan jengah bila lingkungan tidak bersih. Apabila melihat lingkungan kotor maka akan secara reflek membersihakannya,” ujar Suwarna.
 (td)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo