Desa Palasari Ciater Kembangkan Ecovillage

  • 20 April 2017
  • Dibaca: 30 Pengunjung
Desa Palasari Ciater Kembangkan Ecovillage

Ecovillage adalah desa/ kampung berbudaya lingkungan dimana masyarakatnya mampu mengelola lingkungannya sesuai dengan kaidah keberlanjutan meliputi konservasi, pemanfaatan dan pemulihan lingkungan. Selanjutnya Ecovillge sebagai bentuk interaksi manusia terhadap lingkungan untuk mencapai kehidupan berkelanjutan dan lestari.

Konsep ecovillage saat ini  sedang dikembangkan di Desa Palasari Kec. Ciater Kab. Subang. Berbagai kegiatan  yang mendukung dan menunjang keberadaan Ecovillage sedang dilaksanakan yang tentungnya dengan mellibatkan partisipasi dari warga desa. Salah satu kegiatan dari ecovillage Desa Palasari dalam waktu dekat ini akan mengadakan normalisasi sungai yang mengaliri wilayah Desa Palasari yaitu sungai, Sawah Jambe dan Sungai Cipabelah. Kegiatan lainnya yaitu mengadakan pertemuan rutin sesama anggota Ecovillage juga akan menjadikan Kampung. Sukamaju Rw 02 sebagai Kampung Percontohan.

Demikian disampaikan Ketua Tim Ecovillage Desa Palasari, Daryat Daryusman, S.Ag saat ditemui di Aula Desa Palasari Kec. Ciater, Kamis (20/4). Menurut Daryat, tim Ecovilloage Desa Palasari saat ini beranggotakan 20 orang yang merupakan perwakilan dari tujuh RW yang ada di Desa Palasari, dan saat ini dibina oleh fasilitator dari tingkat Provinsi.

 ”Membina perilaku warga desa untuk mencintai dan memelihara lingkungan merupakan salah satu tujuan dari keberadaan Ecovillage di Desa Palasari. Selain itu, warga desa juga diharapkan mempunyai kepedulian terhadap keindahan dan kelestarian lingkungan desanya,” ungkap Daryat.

Pihaknya juga, lanjut Daryat, akan melaksanakan gerakan kebersihan massal (bakti sosial) yang direncanakan pada tanggal 3 Mei 2017 di sepanjang jalur jalan yang menghubungkan Desa Palasari - Desa Cibitung - Desa Cibeusi - Desa Nagrak - Desa Ciater di wilayah Kecamatan Ciater.

  • 20 April 2017
  • Dibaca: 30 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita